Liga Inggris

Tinggalkan Tottenham Hotspur, 3 Klub Ini Bisa Jadi Tujuan Mauricio Pochettino

Rabu, 20 November 2019 14:51 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Mauricio Pochettino, pelatih Tottenham Hotspur. Copyright: © Getty Images
Mauricio Pochettino, pelatih Tottenham Hotspur.

INDOSPORT.COM - Tottenham Hotspur telah resmi memecat pelatih mereka, Mauricio Pochettino dan menunjuk Jose Mourinho. Tiga klub ini bisa jadi pelabuhan baru pria Argentina tersebut.

Nasib sial dialami oleh Maurico Pochettino pekan ini, lantaran dirinya harus kehilangan pekerjaan setelah dipecat oleh Tottenham Hotspur. Kepastian itu umumkan oleh klub melalui laman resminya, pada Rabu (20/11/19) dini hari WIB tadi.

"Pihak klub mengumumkan Mauricio Pochettino dan tim pelatih Jesus Perez, Miguel D'Agostino, dan Antoni Jimenez telah dibebaskan dari tugasnya," tulis pernyataan resmi Tottenham Hotspur.

"Disesalkan hasil di kompetisi domestik pada akhir musim lalu dan awal musim ini sangat mengecewakan."

Rentetan performa buruk yang dialami The Lilywhites musim ini, jadi penyebab utama pria Argentina itu didepak. Tottenham saat ini hanya mampu meraih tiga kali kemenangan, 5 kali imbang dan sudah 4 kali merasakan pahitnya kekalahan.

Alhasil, Spurs terpaku di papan bawah menempati urutan ke-14 dalam klasemen sementara Liga Inggris hingga pekan ke-12 dengan 14 poin.

Kabar pemecatan ini sejatinya lebih cepat dari perkiraan awal. Sebab rumornya ia masih akan diberi kesempatan oleh Spurs, hingga laga melawan  West Ham United pada akhir pekan ini.

Selang beberapa jam usai Mauricio Pochettino dipecat, Tottenham Hotspur langsung mengumumkan pelatih barunya yakni mantan juru taktik Manchester United, Jose Mourinho

Kendati saat ini statusnya jadi pengangguran, nampaknya tidak perlu waktu lama bagi Mauricio Pochettino untuk mendapatkan pekerjaan baru. Sebab, sudah ada beberapa klub yang bersedia meminangnya. Siapa saja mereka?

1. Manchester United

Manchester United musim ini tampil kurang memuaskan di semua kompetisi yang mereka ikuti, khususnya di Liga Inggris.

Dari 12 laga yang sudah dilakoni, mereka hanya mampu meraih 4 kemenangan, 4 imbang dan 4 kali kalah. Saat ini, bertengger di posisi ke-7 dengan 16 poin.

Rentetan hasil kurang bagus itu membuat manajemen The Red Devils kecewa. Padahal, mereka sudah banyak mengeluarkan uang untuk belanja pemain, hingga 143,19 juta poundsterling.

Jika kembali meraih hasil minor dalam beberapa pekan ke depan, dan semakin jauh dari zona Liga Champions, Manchester United kabarnya tidak segan untuk mendepak pelatih Ole Gunnar Soslkjaer.

Mauricio Pochettino disebut-sebut berada di baris terdepan untuk menggantikannya. Pengalaman dan kemampuannya dalam meracik strategi yang sudah terbukti, jadi pertimbangan utama.

Mulai menangani Tottenham pada 27 Mei 2014, Pochettino berhasil membawa timnya finis di posisi empat besar klasemen akhir Premier League sejak musim 2014-2015.

Selain itu, manajer 47 tahun tersebut mampu mengantarkan The Lilywhites lolos ke final Liga Champions 2018-2019 sebelum kalah dari Liverpool dengan skor 0-2.

2. Bayern Munchen

Bayern Munchen jadi klub terbaru yang masuk dalam bursa perburuan tanda tangan Mauricio Pochettino. Sebab, posisi pelatih The Bavarian juga saat ini tengah kosong, setelah Niko Kovac dipecat.

Saat ini, Bayern Muenchen hanya memiliki pelatih caretaker, Hans-Dieter Flick. Bahkan, DIiektur Olahraga Bayern Munchen, Hasan Salihamidzic, diwartakan sudah memiliki nomor telepon pribadi Pochettino.

Selain Pochettino, pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, dan mantan juru Juventus, Massimiliano Allegri juga menjadi calon kuat pengganti Kovac di Bayern Munchen.

3. Barcelona

Posisi Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona saat ini tengah tidak aman, karena mengalami start buruk musim ini di kompetisi domestik maupun level Eropa.

Selain itu, ia juga tidak mampu membawa tim merengkuh gelar juara Liga Champions dan Copa del Rey musim lalu. Hla tersebut membuat para penggemar geram, dan tidak sedikit yang ingin dirinya mundur.

Akan tetapi untuk mendatangkan Pochettino ke Spanyol tidaklah mudah, mengingat kesetiaannya kepada Espanyol.

Namun, jika raksasa Catalan benar-benar datang, Mauricio Pochettino mungkin akan kesulitan untuk menolak kesempatan mengambil alih Camp Nou.