Liga Indonesia

Starting XI Terbaik Liga 1 Pekan ke-28: Bruno Matos di Sekeliling Pemain PSM Makassar

Senin, 25 November 2019 11:00 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Starting XI terbaik Shopee Liga 1 pekan ke-28 versi INDOSPORT menampilkan David Da Silva dari Persebaya dan tiga pemain dari PSM Makassar. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Starting XI terbaik Shopee Liga 1 pekan ke-28 versi INDOSPORT menampilkan David Da Silva dari Persebaya dan tiga pemain dari PSM Makassar.

INDOSPORT.COM – Starting XI terbaik Shopee Liga 1 pekan ke-28 didominasi oleh PSM Makassar. Sebanyak tiga pemain tim Juku Eja menjadi pilihan usai berperan mengalahkan pemuncak klasemen sementara, Bali United, dengan satu gol tanpa balas.

Menariknya, ketiga pemain PSM Makassar itu bukanlah nama populer seperti Marc Klok, Wiljan Pluim, atau Ezra Walian. Ketiga pemain ‘kejutan’ itu tampil apik dan membawa PSM Makassar langsung melesat ke posisi kelima klasemen sementara pekan ini.

Selain pemain PSM Makassar, starting XI terbaik pekan ini banyak diisi oleh penentu kemenangan dari masing-masing tim. Beberapa dari mereka mencetak gol semata wayang bagi timnya, serta beberapa lainnya mencetak gol penutup.

Tak hanya itu, nama Bruno Matos adalah salah satu yang wajib masuk daftar pekan ini. Pemain yang paruh musim lalu memperkuat Persija Jakarta ini mencetak gol spektakuler dari daerah pertahanannya sendiri ke gawang Satria Tama (Madura United).

Praktis, gol jarak jauh Bruno itu berpotensi menjadi gol terjauh musim ini setelah Parfait Essengue mencetak gol ke gawang Arema FC pada awal musim. Bagi Bruno, golnya ke gawang Madura United adalah yang keenamnya musim ini untuk Bhayangkara FC.

Selain Bruno dan tiga pemain dari PSM Makassar, masih ada nama-nama lain yang mencuri perhatian dan layak dianggap sebagai yang terbaik pada pekan ini. Berikut iniadalah daftar lengkap starting XI terbaik Shopee Liga 1 pekan ke-28 pilihan INDOSPORT.

Kiper: Hilmansyah (PSM)

© Wira Wahyu Utama/INDOSPOR
Hilmansyah dan Robert Alberts (PSM Makassar) Copyright: Wira Wahyu Utama/INDOSPORHilmansyah (kiri) tampil apik dalam membendung serangan Bali United.

Hilman Syah menjadi salah satu aktor penting di balik kemenangan 1-0 PSM Makassar atas pemuncak klasemen sementara, Bali United. Ia menggagalkan sejumlah peluang krusial, salah satunya ialah tendangan jarak dekat Melvin Platje di awal laga.

Penjaga gawang pengganti Rivky Mokodompit ini juga mementahkan tiga peluang Fadil Sausu dari luar kotak penalti. Hilmansyah akhirnya menjaga gawangnya tidak kebobolan hingga peluit panjang dibunyikan.

Bek: Abu Rizal (Persebaya), Javlon Guseynov (Borneo FC), Donni Monim (Barito Putera), Taufik Hidayat (PSM)

© Twitter.com/pusamaniaborneo
Bek Borneo FC, Javlon Guseynov, saat tampil melawan Kalteng Putra di Liga 1 2019. Copyright: Twitter.com/pusamaniaborneoBek Borneo FC, Javlon Guseynov, menjadi penentu kemenangan timnya kala melawan PSS Sleman.

Javlon Guseynov dan Donni Monim menjadi dua bek tengah yang tampil impresif pada pekan ini. Javlon, yang berperan sebagai kapten, menjadi penentu kemenangan tandang Borneo FC atas PSS Sleman dengan gol cepatnya.

Sedangkan, Donni Monim menjadi palang pintu tangguh yang berperan menghentikan serangan Persib Bandung sepanjang laga. Duet bek tengah Javlon dan Donni ditemani Abu Rizal dan Taufik Hidayat yang juga tampil apik.

Dari kedua bek sayap pilihan di atas, Taufik menjadi salah satu yang mencuri perhatian. Ia menciptakan satu assist lewat umpan silang dari sisi kiri lapangan untuk Rasyid Bakri. Umpannya tersebut menjadi salah satu kunci kemenangan PSM atas Bali United.

Gelandang: Rasyid Bakri (PSM), Jonathan Cantillana (PSIS), Omid Nazari (Persib)

© perselafc
Rasyid Bakri duel bersama Delvin Rumbino. Copyright: perselafcRasyid Bakri (kanan) mencetak gol semata wayang PSM Makassar atas Bali United.

Rasyid Bakri berperan sebagai pencetak gol yang membuat PSM Makassar mengalahkan Bali United. Pemain berusia 28 tahun ini berhasil menyelinap di antara penjagaan bek Serdadu Tridatu dan akhirnya melesakkan bola hasil umpan silang Taufik Hidayat.

Setelah Rasyid, pilihan berikutnya ialah Jonathan Cantillana. Pemain berpaspor Palestina ini membuat banyak peluang. Sepak pojoknya pada babak kedua menjadi kemelut dan dimanfaatkan Komarudin. Gol itu membuat PSIS mengalahkan Tira-Persikabo dengan 2-1.

Pilihan ketiga ialah gelandang Persib Bandung, Omid Nazari. Eks Malmo FF ini kembali menjadi pusat permainan Maung Bandung dan kembali nyaris mencetak gol jarak jauh andai tidak diamankan Adhitya Harlan.

Penyerang: Komarodin (PSIS), David da Silva (Persebaya), Bruno Matos (Bhayangkara FC)

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persebaya, David Da Silva usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman di Liga 1, Selasa (29/10/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTDavid Da Silva mencetak gol kemenangan Persebaya Surabaya atas Persipura Jayapura.

Ketiga penyerang pilihan pekan ini ialah penentu kemenangan tim masing-masing. Gol Komarodin mencetak gol kedua PSIS Semarang ke gawang Tira-Persikabo. Ia berada di posisi yang tepat dan mampu memanfaatkan kemelut hasil sepak pojok Jonathan Cantillana.

David Da Silva pun demikian. Striker asal Brasil ini mencetak gol semata wayang Persebaya ke gawang Persipura pada menit ke-90+2. Proses golnya terjadi ketika ia tak terjaga di sisi kanan dan bisa melepaskan tembakan dengan bebas.

Selanjutnya, Bruno Matos adalah pemain yang paling mencuri perhatian pada pekan ini. Ia mencetak gol dari tengah lapangan yang membuka keunggulan Bhayangkara FC atas Madura United. Pada akhir laga, timnya berhasil menang dengan skor 2-1.

Best XI Shopee Liga 1 Pekan ke-28 (4-3-3): Hilmansyah (PSM); Abu Rizal (Persebaya), Javlon Guseynov (Borneo FC), Donni Monim (Barito Putera), Taufik Hidayat (PSM); Rasyid Bakri (PSM), Omid Nazari (Persib), Jonathan Cantillana (PSIS); Komarodin (PSIS), David da Silva (Persebaya), Bruno Matos (Bhayangkara FC).