Bola Internasional

Daftar 16 Negara yang Lolos ke Piala Asia U-19 2020, Wakil ASEAN Bertambah

Minggu, 1 Desember 2019 14:02 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Sebanyak 16 negara telah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-19 2020. Kamboja menjadi wakil terakhir, sekaligus negara ASEAN kelima, yang akan ambil bagian dalam turnamen sepak bola muda bergensi antarnegara Asia tersebut.

Kamboja lolos sebagai runner-up terbaik terakhir dengan enam poin. Hal ini dipastikan usai Kuwait hanya menduduki posisi kedua grup A dengan lima poin. Dalam laga terakhir, Kuwait hanya bisa bermain imbang 3-3 melawan Palestina.

Adapun empat negara lain yang lolos sebagai runner-up terbaik adalah Laos, Vietnam, Yaman, dan Uzbekistan. Keempat negara tersebut diurutkan terlebih dahulu berdasarkan selisih gol karena sama-sama mengemas tujuh poin.

Selain Laos dan Vietnam, Timnas Indonesia U-19 dan Malaysia adalah dua wakil ASEAN yang lolos otomatis usai menjadi pemuncak grup masing-masing. Indonesia menjadi pemuncak grup K dengan tujuh poin, sedangkan Malaysia juara grup G usai menyapu bersih empat laga.

Putaran final Piala Asia U-19 2020 sendiri akan dilangsungkan di Uzbekistan pada 14 hingga 31 Oktober 2020. Adapun pembagian undian grup diperkirakan akan dilangsungkan pada awal tahun depan.

Indonesia dipastikan tidak akan berada satu grup dengan Jepang, Tajikistan, dan Australia. Pasalnya, keempatnya menduduki pot 2. Pot 1 sendiri ditempati oleh Uzbekistan (tuan rumah), Arab Saudi, Korea Selatan, dan Qatar.

Selanjutnya, pot 3 terdiri dari Malaysia, Irak, Vietnam, dan Kamboja. Iran, Yaman, Bahrain, dan Laos menempati pot terakhir. Dengan pembagian pot tersebut, Indonesia berpeluang bertemu lawan mudah, yakni Laos dan Kamboja, di fase grup.

Daftar 16 Negara yang Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-19 2020:

No. Negara Status Lolos Draw
1. Uzbekistan Tuan Rumah Pot 1
2. Arab Saudi Juara Grup F Pot 1
3. Korea Selatan Juara Grup I Pot 1
4. Qatar Juara Grup B Pot 1
5.  Jepang Juara Grup J Pot 2
6. Tajikistan Juara Grup C Pot 2
7. Australia Juara Grup H Pot 2
8. Indonesia Juara Grup K Pot 2
9. Malaysia Juara Grup G Pot 3
10. Irak Juara Grup A Pot 3
11. Vietnam Runner-up Terbaik Kedua Pot 3
12. Kamboja Runner-up Terbaik Kelima Pot 3
13. Iran Juara Grup D Pot 4
14. Yaman Runner-up Terbaik Ketiga Pot 4
15. Bahrain Juara Grup E Pot 4
16. Laos Runner-up Terbaik Pertama Pot 4