Liga Inggris

Gol Tendangan Bebas Brighton ke Gawang Liverpool Sah? Ini Jawabannya

Minggu, 1 Desember 2019 06:10 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Gol Brighton & Hove Albion lewat Lewis Dunk ke gawang Liverpool di pekan ke-14 Liga Inggris menjadi perdebatan sah atau tidak.

Liverpool berhasil mengamankan kemenangan 2-1 atas Brighton di pekan ke-14 Liga Inggris, Sabtu (30/11/19). Mencetak dua gol lebih dulu lewat tandukan Virgil van Dijk, sayangnya Liverpool tak bisa mencatatkan cleansheet setelah Lewis Dunk bisa melesatkan gol balasan di menit ke-79 melalui tendangan bebas.

Gol Lewis Dunk yang berasal dari pelanggaran Alisson Becker yang berbuah kartu merah itu, menjadi menarik untuk dibahas.

Sebab dalam prosesnya terlihat penjaga gawang penganti Liverpool, Adrian belum dalam keadaan siap ketika bola ditendang Lewis Dunk.

Pertanyaan pun muncul, apakah gol tendangan bebas Lewis Dunk itu sah? Berikut INDOSPORT coba mengulasnya.

Tendangan Lewis Dunk

Tendangan bebas pemain Brighton Lewis Dunk diperdebatkan sebab penjaga gawang Liverpool, Adrian masih dalam posisi mengatur pagar betis ketika bola dilesatkan ke gawangnya.

Namun Lewis Dunk memang telah berhak menendang bola tersebut, lantaran wasit Martin Atkinson memang sudah meniup peluit.

Pertanyaan berikutnya, mengapa wasit Martin Akinson meniup peluit saat Adrian belum siap merapikan pagar betisnya?
Jawabanya adalah, memang wasit tak perlu menunggu kiper atau klub yang sedang bertahan, hingga siap menghadapi tendangan bebas.

Wasit hanya berhak menunggu, jika yang meminta adalah pemain yang dalam posisi menyerang atau mendapatkan tendangan bebas tersebut.

Biasanya wasit terlebih dahulu bertanya kepada penendang, apakah ingin langsung menedang cepat atau melakukan ceremonial (meminta wasit mengatur pagar betis lawan, yang belum sesuai).

Tak mengherankan kemudian, jika ada pemain bertahan yang coba berdiri di depan bola, agar pemain yang menyerang tak langsung menendang bola cepat, sebelum kiper siap. Seperti yang terjadi pada Adrian malam tadi.

© https://twitter.com/NBCSportsSoccer
Wasit Martin Atkinson terlihat meniup peluit sambil melihat ke arah kiper Liverpool Adrian saat pemain Brighton mulai menendang. Copyright: https://twitter.com/NBCSportsSoccerWasit Martin Atkinson meniup peluit sambil melihat ke arah kiper Liverpool Adrian saat pemain Brighton mulai menendang.

Lalu jika merujuk pada aturan terbaru Liga Inggris, di mana pemain yang menyerang tak boleh berada dalam area kurang dari satu meter dengan pagar betis. Pemain Brighton sudah memenuhi syarat tersebut.

Pemain Brighton paling dekat dengan pagar betis Liverpool adalah Dan Burn, yang jaraknya sudah sesuai dengan aturan terbaru Liga Inggris mengenai tendangan bebas.

Dari dua aturan di atas, maka jelas bahwa gol tendangan bebas pemain Brighton Lewis Dunk ke gawang Liverpool adalah 100% sah menjadi gol.