Liga Champions

Skenario Duel 16 Besar Liga Champions: Liverpool atau Juventus Vs Real Madrid

Kamis, 12 Desember 2019 21:05 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Sebanyak 16 tim telah memastikan diri lolos ke fase gugur Liga Champions 2019-2020 di mana ada kemungkinan Liverpool atau Juventus bersua Real Madrid. Copyright: © INDOSPORT
Sebanyak 16 tim telah memastikan diri lolos ke fase gugur Liga Champions 2019-2020 di mana ada kemungkinan Liverpool atau Juventus bersua Real Madrid.

INDOSPORT.COM – Sebanyak 16 tim telah memastikan diri lolos ke fase gugur Liga Champions 2019-2020. Setelah berjibaku di babak penyisihan grup, ke-16 tim tersebut kini bersiap melakoni laga penuh drama di babak 16 besar.

Dari 16 tim yang lolos ke fase gugur, sebanyak delapan tim merupakan juara di grup masing-masing. Kedelapan juara grup tersebut adalah Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, RB Leipzig, Liverpool, Manchester City, Paris Saint-Germain (PSG), dan Valencia.

Selain kedelapan tim yang lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup, ada delapan tim lain yang merupakan runner up di grup masing-masing. Delapan tim runner up tersebut adalah Atalanta, Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Chelsea, Lyon, Napoli, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Apabila dilihat dari komposisi juara dan runner up grup yang melaju ke fase gugur, maka babak 16 besar Liga Champions musim ini berpeluang besar menyajikan sejumlah partai besar. Hal ini karena tim-tim besar yang lolos ke fase gugur bisa saja saling berhadapan.

Salah satu duel akbar yang bakal tersaji di babak 16 besar Liga Champions musim ini diprediksi bakal melibatkan pemilik 13 trofi Si Kuping Besar, Real Madrid.

Meski dipastikan tidak akan bersua Barcelona atau PSG di babak 16 besar karena UEFA tidak mengizinkan tim dari satu negara dan tim yang sudah berhadapan di fase grup untuk saling bertemu, namun Real Madrid tetap berpotensi menghadapi lawan berat di fase gugur.

Lolos ke fase gugur sebagai runner up Grup A memang sangat merugikan bagi Real Madrid. Pasalnya, Los Blancos dipastikan bakal bertemu juara grup lain di babak 16 besar.

Juara grup yang berpotensi menjadi lawan Real Madrid di babak 16 besar adalah Bayern Munchen, Juventus, Liverpool, dan Manchester City. Keempat tim yang merupakan juara grup tersebut berpeluang melakoni laga final kepagian menghadapi Los Blancos di babak 16 besar Liga Champions.

Selain Juventus, Bayern Munchen, Liverpool, dan Manchester City, klub lain yang berpotensi menjegal langkah Real Madrid adalah RB Leipzig. Wakil Jerman itu melangkah ke babak 16 besar Liga Champions dengan status sebagai juara Grup G.

Selain Real Madrid, tim unggulan lain yang juga berpotensi mendapat lawan berat di babak 16 besar adalah Barcelona. Blaugrana yang merupakan juara Grup F berpeluang bertemu tim-tim kuat yang lolos sebagai runner up, sebut saja Napoli, Chelsea, atau Tottenham Hotspur.

Sementara itu, Valencia dan Atalanta yang menjadi dua tim kejutan di babak 16 besar akan mendapat ujian seberapa jauh mereka bisa melangkah di Liga Champions musim ini.

Valencia yang membuat kejutan dengan menyingkirkan Ajax dari persaingan  Grup H bisa saja bertemu tim-tim kuat macam Borussia Dortmund, Lyon, Napoli, Tottenham Hotspur, atau bahkan sesama tim kejutan lainnya, yakni Atalanta, di babak 16 besar.