Liga Italia

Romantisme Dua Pelatih Italia Ancelotti dan Gattuso

Kamis, 12 Desember 2019 03:42 WIB
Penulis: Ayudya Ratna | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Dua pelatih Serie A Italia, Carlo Ancelotti dan Gennaro Gattuso saat bereuni. Copyright: © Getty Images
Dua pelatih Serie A Italia, Carlo Ancelotti dan Gennaro Gattuso saat bereuni.

INDOSPORT.COM - Carlo Ancelotti telah resmi didepak dari kursi kepelatihan Napoli dan digantikan dengan mantan anak asuhnya, Gennaro Gattuso.

Walaupun berhasil membawa Napoli lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019/20, nasib Ancelotti ternyata harus berujung tragis. Ia dipecat karena tak memenuhi ekspetasi di Liga Italia.

Kini mantan anak asuhnya saat Ancelotti melatih AC Milan, Gennaro Gattuso menggantikan perannya di kursi pelatih Napoli. Rhino mendapat kesempatan selama enam bulan dan opsi perpanjangan satu tahun.

Dilansir dari Football Italia, pada 2018 ternyata Ancelotti pernah menulis sebuah surat untuk Gattuso yang saat itu melatih AC Milan- di koran lokal, Gazzeta dello Sport yang saat itu sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-40.

Dalam surat itu, Ancelotti menis betapa ia sangat mengagumi Gattuso baik sebagai pemain maupun pelatih. Mantan pelatih Chelsea itu menilai Gattuso adalah seorang pemain sepak bola yang berbeda dari lainnya.

"Sekarang lihatlah dirimu, berdiri di bench AC Milan dan kau bertingkah seperti orang gila. Kau berteriak, menyemangati para pemain. Aku rasa kau adalah orang yang tepat di posisi itu," tulis Ancelotti.

"Dulu, di lapangan kau adalah pahlawanku. Aku tak pernah sekalipun melihatmu menyerah, meninggalkan lapangan dengan kaos yang masih bersih, dan menolak untuk bertanding,"

"Itulah mengapa aku sangat mengagumi mu. Keinginan yang besar untuk meraih tujuan walaupun kau tidak diberkati dengan bakat teknik yang bagus. Karena, bolehkah aku mengatakan ini? Kakimu tidak terlalu bagus untuk bermain bola,"

"Tapi semangat yang kau berikan untuk kami, tak ada pemain lain yang punya seperti itu. Dan kau punya sesuatu yang menonjol, kau tahu kapan harus mengoper bola," 

"Sudah berapa kali aku melihatmu bicara dengan rekan setim, membantu mereka, menyemangati mereka, mendukung mereka di saat sedang kesulitan?"

"Itulah sepak bola yang sebenarnya, bukan cuma masalah taktik, formasi, counter attack, dan strategi. Pemainlah yang berperan penting dan kau adalah orang yang membuat perbedaan itu." Pungkas Ancelotti dalam tulisannya.

Pasangan Gennaro Gattuso dan Carlo Ancelotti ini telah menghasilkam berbagai macam gelar bergengsi untuk AC Milan. Diantaranya adalah dua trofi Liga Champions, satu scudetto Serie A Italia, dua Piala Super Eropa, satu trofi Coppa Italia, dan satu trofi Piala Dunia Klub.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%