Bola Internasional

Ini 11 Pemain Terbaik Asia Tenggara Versi Media Amerika, Ada Indonesia?

Sabtu, 21 Desember 2019 13:48 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ilustrasi/INDOSPORT
Media Amerika Serikat, Foxsports Asia, merilis 11 nama pemain terbaik di Asia Tenggara sepanjang tahun 2019. Apakah salah satu Indonesia termasuk ke dalamnya? Copyright: © Ilustrasi/INDOSPORT
Media Amerika Serikat, Foxsports Asia, merilis 11 nama pemain terbaik di Asia Tenggara sepanjang tahun 2019. Apakah salah satu Indonesia termasuk ke dalamnya?

INDOSPORT.COM - Media Amerika Serikat, Fox Sports Asia merilis 11 nama pemain terbaik di Asia Tenggara sepanjang tahun 2019. Apakah salah satu putra Indonesia termasuk ke dalamnya?

Penilaian ini sendiri berdasarkan penampilan apik tiap pemain dari anggota Asia Tenggara dalam beberapa laga internasional khususnya AFC Asian Cup, SEA Games, dan babak kualifikasi FIFA World Cup 2022 beberapa bulan lalu.

Sayangnya, meskipun Indonesia termasuk dalam anggota Asia Tenggara, tidak satupun pemain Tanah Air yang mampu lolos ke starting XI terbaik versi Fox Sports Asia tahun ini. Yang termasuk sebagai pemain terbaik justru datang dari negara tetangga sendiri seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Myanmar, dan Malaysia.

Beberapa negara terbukti mampu tampil apik tahun ini, sebut saja kemenangan mencengangkan Myanmar atas Tajikistan di kualifikasi Piala Dunia dengan skor 4-3 dan keberhasilan Filipina menahan imbang China pada kompetisi yang sama. Selain itu Malaysia pun mampu tampil gemilang berkat pelatih Tan Cheng Hoe.

Berikut daftar 11 pemain terbaik se-Asia Tenggara dilansir Foxsports Asia berdasarkan penampilan terbaik sepanjang tahun 2019.

Kiper

Posisi kiper terbaik berada di tangan Siwarak Tedsungnoen asal Thailand. Kiper berusia 35 tahun ini sebenarnya bukanlah pilihan utama Timnas Negara Gajah Putih, hanya saja dirinya mampu membuktikan jika mampu untuk masuk sebagai skuat utama usai Chatchai Budprom gagal mengemban tugas itu.

Bek

Posisi bek ada pemain Vietnam yakni Que Ngoc Hai dan Doan Van Hau. Ngoc Hai mampu tampil apik dengan menjadi kapten tim The Golden Dragons kala berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2022, meskipun sempat kontroversial Van Hau malah masuk hitungan sebagai pemain terbaik usai Vietnam Rose menangkan emas di SEA Games 2019.

Selain dua bek Timnas Vietnam, ada Theerathon Bunmathan asal Timnas Thailand. Pemain berusia 29 tahun itu mampu tampil apik kala Yokohama F Marinos mampu menang telak 3-0 atas FC Tokyo sehingga sempat mendapat predikat pemain Asia Terbaik 2019.

Gelandang

Pada posisi gelandang, Stephan Schrock mampu membantu Timnas Filipina U-22 tampil elegan di SEA Games tahun ini. Myanmar pun tak mau ketinggalan lewat torehan prestasi Hlaing Bo Bo yang mampu mencetak dua gol di AFF Suzuki Cup tahun lalu dan ikut serta sebagai kapten di kompetisi SEA Games 2019.

Selain itu, masih ada Don Hung Dung yang juga tampil apik untuk pelatih Park Hang-seo ketika Vietnam memenangkan medali emas di SEA Games. Terakhir ada si Messi Thailand, Chanathip Songkrasin, yang sempat menyumbang gol kemenangan atas Bahrain di Asian Cup 2019 bagi Timnas Gajah Putih.

Penyerang

Lagi-lagi Vietnam masuk daftar ini, Nguyen Quang Hai mampu menorehkan prestasi luar biasa kala Hanoi FC memenangkan kejuaraan Liga Vietnam kelima dan Piala Kejuaraan Nasional Vietnam. Dirinya pun sempat ikut serta membantu Timnas Vietnam berlaga di SEA Games, meskipun tidak ikut berperan di final.

Malaysia memiliki Safawi Rasid yang berperan penting sebagai mesin gol kompetisi kualifikasi Piala Dunia dan Kejuaraan AFC U23 2020 lalu. Terakhir Ikhsan Fandi sempat membuat Timnas Singapura berjaya di SEA Games usai mencetak hattrick.

Meskipun tak masuk dalam daftar 11 pemain terbaik Asia Tenggara di atas, salah satu putra Indonesia, Evan Dimas masuk sebagai special mention. Penampilan ini nampaknya berdasarkan performa gemilang Timnas Indonesia U-23 yang mampu lolos ke babak final SEA Games 2019 sebelum dikalahkan Vietnam 0-3.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%