Liga Indonesia

Cari Pengganti Hariono, 3 Gelandang Bertahan Lokal yang Bisa Dilirik Persib Bandung

Sabtu, 21 Desember 2019 18:46 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© www.affsuzukicup.com
Persib Bandung sepertinya bisa melirik sejumlah gelandang bertahan lokal untuk menggantikan peran pemain seniornya, Hariono. Copyright: © www.affsuzukicup.com
Persib Bandung sepertinya bisa melirik sejumlah gelandang bertahan lokal untuk menggantikan peran pemain seniornya, Hariono.

INDOSPORT. COM - Persib Bandung sepertinya bisa melirik sejumlah gelandang bertahan lokal untuk menggantikan peran pemain seniornya, Hariono.

Isu panas soal bursa transfer kembali menyeret klub Liga 1, Persib Bandung. Pada hari Kamis (19/12/19), muncul kabar kalau manajemen Maung Bandung bakal mendepak pemain seniornya, Hariono.

Kabar soal didepaknya Hariono muncul langsung dari mulut pelatih Persib, Robert Rene Alberts. Sang juru taktik asal Belanda menyebut nama Hariono ke dalam daftar pemain Persib yang tak diperpanjang kontraknya.

"Sejauh ini baru dua pemain yang dikonfirmasi akan pergi dari tim, Hariono dan Kevin (van Kippersluis)," ujar Robert Alberts.

Kepergian Hariono ternyata meninggalkan luka tersendiri bagi Persib. Jelas, Maung Bandung bakal kehilangan legenda tim, sebab Hariono sudah membela Persib sejak 2008 silam.

Lebih dari itu, ditinggal Hariono juga berdampak pada kedalaman skuat Persib. Tak ada Hariono, membuat Persib sudah kehabisan stok gelandang bertahan.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Hariono adalah satu-satunya pemain dengan posisi natural gelandang bertahan yang saat ini dipunyai Persib. Sementara empat gelandang lainnya, Abdul Aziz, Dedi Kusnandar, Omid Nazari, dan Kim Kurniawan, sebenarnya bisa menempati gelandang bertahan, tapi posisi naturalnya hanyalah gelandang tengah saja.

Demi menambal kepergian Hariono, mungkin Persib Bandung perlu mendatangkan gelandang bertahan baru. Berikut INDOSPORT buatkan perkiraan nama para gelandang bertahan lokal yang bisa menggantikan peran Hariono di Persib.

Hendro Siswanto

© satupedia
Hendro Siswanto (Arema FC) Copyright: satupediaHendro Siswanto (Arema FC)

Nama Hendro Siswanto memanglah terkenal sebagai salah satu gelandang bertahan Indonesia yang cukup berpengalaman. Usianya sudah 29 tahun dan musim ini tengah membela klub top Liga 1, Arema FC.

Pengalaman Hendro Siswanto sebagai gelandang bertahan juga pernah enam kali diandalkan oleh Timnas Indonesia. Hebatnya lagi, Hendro Siswanto bisa memerankan tugas lainnya, yakni bek sayap kanan.

Andai Persib Bandung membutuhkan gelandang bertahan anyar pengganti Hariono, nama Hendro Siswanto jelas patut dilirik. Kebetulan, berdasarkan data Transfermarkt, Hendro Siswanto kontraknya bersama Arema FC akan habis pada 31 Desember 2019 dan bisa didatangkan secara bebas transfer.

Rizky Pellu

Selebrasi Rizky Pellu usai berhasil mencetak gol kedua PSM Makassar. Copyright: Instagram@psmimagesSelebrasi Rizky Pellu usai berhasil mencetak gol kedua PSM Makassar.

Tak perlu dipungkiri lagi, bila Rizky Pellu merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik Indonesia yang ada saat ini. Lihat saja kiprahnya dalam tiga musim terakhir, Rizky Pellu selalu jadi andalan klub Liga 1, PSM Makassar untuk mengawal lini tengah.

Kecemerlangan Rizky Pellu bahkan sukses mengantarkan PSM Makassar selalu menghiasi tiga besar papan atas klasemen di dua musim beruntun, Liga 1 2017 dan Liga 1 2018. Tak heran jika Rizky Pellu kemudian kerap mendapat panggilan tugas negara untuk membela Timnas Indonesia.

Andai Persib Bandung membutuhkan pemain anyar yang bisa menggantikan Hariono, nama Rizky Pellu jelas jadi opsi menarik. Apalagi Persib kini dilatih Robert Rene Alberts, sosok yang pernah dua musim bekerja sama dengan Rizky Pellu di PSM Makassar.

Zulfiandi

© www.affsuzukicup.com
Zulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand Copyright: www.affsuzukicup.comZulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand

Kiprah Zulfiandi dalam dua tahun terakhir terbilang memukau. Ia merupakan gelandang bertahan lokal yang kerap diandalkan Timnas Indonesia.

Setidaknya di tiga ajang besar, Asian Games 2018, Piala AFF 2018, dan SEA Games 2019, nama Zulfiandi selalu menjadi pilihan utama Timnas Indonesia. Prestasi terakhir Zulfiandi sendiri adalah mengantarkan Timnas Indonesia U-23 meraih medali perak di SEA Games 2019.

Andai Persib Bandung membutuhkan pengganti Hariono, sosok Zulfiandi jelas cukup ideal untuk dilirik. Pengalaman Zulfiandi yang kerap diandalkan Timnas Indonesia, diyakini bisa meningkatkan kualitas lini tengah Persib Bandung.

Namun Persib sepertinya harus mengeluarkan dana yang tak sedikit jika memang benar menginginkan jasa Zulfiandi. Transfermarkt mencatat Zulfiandi masih terikat kontrak dengan Madura United sampai 2020 mendatang.

Kalau mau diboyong, Persib setidaknya harus menebus Zulfiandi sesuai dengan harga pasarannya. Masih dari data Transfermarkt, harga Zulfiandi saat ini berkisar di angka 175 ribu euro atau sekitar Rp2,7 miliar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%