Liga Indonesia

Bek Kanan Timnas Indonesia U-23 Kirim Kode 'Bertahan' di PSM Musim Depan

Selasa, 24 Desember 2019 19:55 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Wonderkid klub Liga 1 PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, mengirim kode untuk bertahan pada musim depan. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Wonderkid klub Liga 1 PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, mengirim kode untuk bertahan pada musim depan.

INDOSPORT.COM - Wonderkid klub Liga 1 PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, mengirim kode untuk bertahan pada musim depan. Kontrak pemain berusia 20 tahun ini akan berakhir pada Januari 2020 nanti, Selasa (24/12/19).

Asnawi menjadi salah satu pemain yang menjadi incaran banyak klub pada jendela transfer awal musim nanti. Tidak hanya klub Liga 1, pemilik nomor punggung 14 di Juku Eja ini juga dirayu sejumlah klub di Malaysia.

Hal itu tidak terlepas dari hasrat besar sang pemain sendiri yang ingin berkarir di luar negeri. Selain itu, nama Asnawi juga melambung pesat setelah mengukir banyak prestasi di musim ini baik bersama PSM maupun Timnas Indonesia.

Pada level klub, Asnawi sukses menembus semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019 dan menjuarai Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 serta dinobatkan sebagai pemain muda terbaik. Ia juga menjadi kandidat pemain muda terbaik Shopee Liga 1 2019 bersama Terens Puhiri dan Todd Ferre.

Untuk level Timnas, Asnawi mampu menjuarai Piala AFF U-22 2019 yang diselenggarakan di Kamboja pada Februari silam. Terbaru, ia mampu menyabet medali perak Sea Games 2019 Filipina dengan menjadi juara kedua dibawah Vietnam.

Atas prestasi tersebut, tidak aneh jika Asnawi menjadi buruan banyak klub baik di Indonesia bahkan hingga luar negeri. Situasi itu membuat manajemen PSM harus berjuang lebih ekstra untuk memagari pemain binaannya ini.

Namun, baru-baru ini Asnawi memberikan kode tersirat bahwa dirinya akan bertahan di PSM untuk musim depan. Kode itu disampaikan pemain kelahiran 4 Oktober 1999 saat sesi jumpa pers pasca laga melawan Persib Bandung, Minggu (22/12/19) lalu.

"Terima kasih banyak kepada seluruh staf PSM Makassar. Kami (PSM) mengakhiri musim ini kurang maksimal. Tapi kami (para pemain) akan fokus pada musim depan, semoga bisa mendapatkan hasil yang baik," ujar Asnawi.

Sepanjang musim 2019, Asnawi bermain sebanyak 29 kali untuk PSM pada tiga kompetisi berbeda, dengan rincian enam kali di Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19, 18 kali di Shopee Liga 1, dan lima kali di Piala AFC 2019. Total ia mengemas satu gol, empat asis, dan sembilan kartu kuning.