Liga Indonesia

Profil Singkat Lonsana Doumbouya, Top Skor Liga Thailand yang Bisa Diboyong Persib Gantikan Ezechiel

Selasa, 24 Desember 2019 04:59 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Abdurrahman Ranala
© ddqat.com
Lonsana Doumbouya, logo Persib Copyright: © ddqat.com
Lonsana Doumbouya, logo Persib

INDOSPORT. COM - Lonsana Doumbouya, nama top skor Liga Thailand 2019 ini sepertinya bisa diboyong Persib Bandung untuk menjadi pengganti Ezechiel N'Douassel. Berikut profilnya.

Persib Bandung, klub Liga 1 2019, belakangan memang sedang dipusingkan dengan nasib penyerang asingnya, Ezechiel N'Douassel. Maklum, pasca gelaran Liga 1 2019 berakhir, Ezechiel ingin hengkang dari Persib.

Manajemen Persib pun tak tinggal diam mendapati keinginan Ezechiel. Umuh Muchtar selaku Manajer Persib, mengaku tetap mencoba merayu Ezechiel agar mau bertahan.

“Ezechiel memang memilih mundur, tapi kami masih dalam pembicaraan. Saya sedang membujuknya, mudah-mudahan ia mau bertahan. Kami akan sedikit khawatir jika ia nantinya benar-benar meninggalkan Persib,” ucap Umuh dikutip dari Simamaung.

Namun, Persib tentu harus mempersiapkan antisipasi jika rayuan kepada Ezechiel gagal. Andai Ezechiel pergi, Persib sungguh wajib untuk mencari nama penyerang asing baru yang bisa menjadi pengganti sepadan.

Bila membutuhkan opsi, ada seorang top skor Liga Thailand yang layak dipertimbangkan namanya. Lonsana Doumbouya pemain asal Guinea ini diketahui berhasil menyabet penghargaan top skor Liga Thailand 2019 dengan torehan 20 gol.

Kebetulan, berdasarkan data Transfermarkt, Lonsana Doumbouya kontraknya bersama klub Thailand, Trat FC, sudah habis sedari 30 November 2019 lalu. Transfermarkt juga menuliskan bahwa Lonsana Doumbouya belum mendapat perpanjangan kontrak.

Hal ini jelas bisa dimanfaatkan Persib untuk mencari pengganti Ezechiel. Apalagi Lonsana Doumbouya memang punya reputasi menjanjikan dengan penghargaan top skor Liga Thailand 2019.

Mungkin banyak pecinta sepak bola, khususnya penggemar setia Persib, yang belum mengenal betul nama Lonsana Doumbouya. Maka dari itu, INDOSPORT coba buatkan profil singkat Lonsana Doumbouya ke dalam rangkuman berikut.

Pengalaman Eropa

Lonsana Doumbouya sepertinya bukanlah penyerang sembarangan. Selain gelar top skor Liga Thailand 2019, Lonsana Doumbouya juga punya reputasi menawan pengalaman sepak bola Eropa.

Lonsana Doumbouya menurut data Transfermarkt pernah mengenyam jam terbang bermain di pentas Benua Biru. Prancis jadi negara pertama yang disinggahi Lonsana Doumbouya untuk berkarier sebagai pesepak bola.

Selama di Prancis dari periode 2009 hingga 2011, Lonsana Doumbouya tercatat membela Saint-Dizier, EA Guinamp, dan Genets Anglet. Ketiga tim tersebut hanya menjadi bagian awal karier Lonsana Doumbouya untuk menembus negara Eropa lainnya.

Tepat pada 1 Juli 2011, Lonsana Doumbouya hijrah ke klub Belgia, RFC Seresien. Sejak menghiasi sepak bola Belgia, karier Lonsana Doumbouya perlahan mulai meningkat.

Bahkan pada tahun 2015, Lonsana Doumbouya mendapat kesempatan bermain di klub besar Liga Belgia. Ia gabung Cercle Brugge, salah satu klub Liga Belgia yang cukup sering lolos ke Liga Europa.

Lonsana Doumbouya sendiri akhirnya mendarat di Liga Thailand pada 2018. Klub pertamanya di Thailand adalah Prachuap FC.


Rekor Gol

Tak hanya memiliki reputasi mengkilap, Lonsana Doumbouya ternyata memang punya kualitas mumpuni sebagai seorang penyerang. Buktinya bisa dilihat dari ketajaman gol Lonsana Doumbouya selama berkarier di Liga Thailand.

Musim pertama di Liga Thailand, Lonsana Doumbouya yang membela Prachuap FC mampu membukukan 16 gol. Berlanjut ke musim berikutnya, Lonsana Doumbouya berhasil merajai daftar top skor Liga Thailand dengan sumbangan 20 gol.

Kalau ditotal, berarti selama dua musim terakhir, jumlah gol Lonsana Doumbouya adalah 36 gol. Angka ini lebih baik dari penyerang Persib Bandung, Ezechiel yang dalam dua musim hanya mencetak 32 gol saja.