Liga Indonesia

Dulu Dipuja-puja, 3 Eks Timnas Indonesia Ini Terdampar di Klub Antah-Berantah

Sabtu, 28 Desember 2019 15:06 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© alchetron.com
Termasuk Oktovianus Maniani, berikut ini adalah 3 eks pemain Timnas Indonesia yang kini terdampar di klub antah-berantah. Copyright: © alchetron.com
Termasuk Oktovianus Maniani, berikut ini adalah 3 eks pemain Timnas Indonesia yang kini terdampar di klub antah-berantah.

INDOSPORT.COM - Tak selamanya para pemain yang pernah berseragam Timnas Indonesia mengalami nasib indah. Nyatanya, beberapa pemain yang pernah berseragam Timnas Indonesia ini harus mengalami karier yang pasang surut setelah tak lagi memperkuat skuat Garuda.

Beberapa pemain langganan Timnas Indonesia ini harus rela tak lagi bermain memperkuat klub-klub kasta tertinggi. Nama besar sebagai mantan pemain Timnas Indonesia tak mampu memikat hati klub-klub besar di kasta tertinggi Liga Indonesia.

Lantas, siapa saja kah mantan pemain Timnas Indonesia yang saat ini terdampar di klub antah-berantah? Berikut ulasannya.

Saktiawan Sinaga

© kumparan.com
Saktiawan Sinaga saat membela Timnas Indonesia Copyright: kumparan.comSaktiawan Sinaga saat membela Timnas Indonesia

Mantan pemain Timnas Indonesia di tahun 2000-an, Saktiawan Sinaga merupakan salah satu bomber yang kerap dipercaya untuk memperkuat skuat Garuda. Kepiawaiannya membobol gawang alwan membuat namanya kerap dipercaya menjadi ujung tombak Timnas Indonesia.

Pemain yang kini berusia 36 tahun itu pernah memperkuat beberapa klub besar di Indonesia. Sebut saja, PSPS Pekanbaru, PSMS Medan, Persik Kediri, Semen Padang, Mitra Kukar, dll. Saat ini, Saktiawan Sinaga harus mengalami nasib tragis dengan terdampar memperkuat klub Liga 3, yakni KS Tiga Naga.

Gerald Pangkali

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Caption Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTGerald Pangkali

Salah satu pemain berbakat dari tanah Papua adalah Gerald Pangkali. Pemain yang kini berusia 35 tahun itu pernah beberapa kali memperkuat Timnas Indonesia. Terkahir, namanya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia pada tahun 2014 lalu.

Pangkali merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah ada di Indonesia. Terbukti, ia kerap dipercaya untuk mengisi skuat inti disetiap klub yang dibelanya. Pangkali pernah memperkuat beberapa klub besar di Indonesia, sebut saja PSPS Pekanbaru, Pelita Jaya, persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Pusamania Borneo FC.

Gerald Pangkali sempat bermain untuk Tim Porda Toraja Utara yang lolos ke babak semifinal turnamen sepak bola Djuli Mambaya (DJM) Cup pada tahun 2018 lalu yang berlangsung di Kecamatan Bone-bone, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Kini, dirinya dipercaya menjadi asisten seniornya, Eduard Ivakdalam di tim sepak bola PON Papua. Gerald ditunjuk langsung oleh Kaka Edu untuk menjadi asisten pelatih guna mempersiapkan tim sepak bola Papua jelang PON XX tahun 2020.

Oktovianus Maniani

© bantenpos.co
Okto Maniani (Berkaus hijau) ketiak berlatih bersama peserta seleksi Perserang, Selasa (23/1/2018). Copyright: bantenpos.coOkto Maniani (Berkaus hijau) ketiak berlatih bersama peserta seleksi Perserang, Selasa (23/1/2018).

Mantan pemain Timnas Indonesia lainnya yang harus terlempar dari kompetisi kasta tertinggi di Indonesia adalah Oktovianus Maniani. Nama Okto memang sempat jadi perbincangan karena aksi menawannya bersama skuat Garuda di Piala AFF 2010.

Namun, beberapa tahun kemudia karier Okto terus menurun. Saat ini, Okto harus terdampar memperkuat klub Liga 2, Persewar Waropen. Dirinya bahkan sempat terseret kasus penusukan bersama sang pelatih, Carolina Ivak, pada Oktober 2019 lalu.