Liga Inggris

Tanpa VAR, Liverpool Nyatanya Tetap Pemuncak Klasemen Liga Inggris

Selasa, 31 Desember 2019 19:05 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Liverpool
Tanpa VAR, Liverpool tetap menjadi pemuncak klasemen sementara Liga Inggris hingga pekan ke-20. Copyright: © Liverpool
Tanpa VAR, Liverpool tetap menjadi pemuncak klasemen sementara Liga Inggris hingga pekan ke-20.

INDOSPORT.COM - Banyak yang menyebut posisi puncak klasemen yang diraih Liverpool di Liga Inggris musim 2019-2020 berkat Video Assistant Referee alias VAR, usai menang tipis atas Wolverhampton Wanderers pada laga Boxing Day tempo hari.

Namun jika menilik dari data yang dihimpun, nyatanya Liverpool tetaplah tim terkuat yang mampu memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2019-2020 setidaknya dalam 20 pertandingan, seperti yang dilansir dari Sun Sports.

Hanya saja, jumlah perolehan selisih poin mereka tidak akan sebanyak saat ini, terlepas dari keputusan VAR yang terkadang memicu kontroversi di mana-mana.

Memuncaki klasemen, tanpa VAR, Liverpool tak akan unggul 13 poin seperti saat ini. The Reds hanya akan unggul enam poin saja dari Manchester City jika perhitungan poin mengabaikan perangkat yang membantu wasit tersebut.

Hal ini didapatkan dari catatan VAR di mana Liverpool sejauh ini diuntungkan sebanyak dua kali dan Manchester City yang hanya sekali. Sementara itu, Tottenham Hotspur, tanpa VAR, akan duduk di peringkat 12.

Selain itu, Liverpool bukanlah tim yang paling kerap diuntungkan VAR. Justru Brighton-lah yang menjadi tim yang paling diuntungkan dari kehadiran VAR di Liga Inggris saat ini, dengan lima kali keuntungan.

Terlepas dari hal tersebut, setidaknya Liverpool membuktikan bagaimana timnya mampu tampil konsisten sejauh ini dan berpeluang mengakhir puasa gelar Liga Inggris yang hampir 30 tahun lamanya.