Liga Indonesia

Rekam Jejak Pelatih Eropa Timur di PSM Makassar, Selalu Bawa Juara?

Rabu, 1 Januari 2020 03:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Abdurrahman Ranala
© AFC
Rekam Jejak Pelatih Eropa Timur di PSM Makassar, Selalu Bawa Juara? Copyright: © AFC
Rekam Jejak Pelatih Eropa Timur di PSM Makassar, Selalu Bawa Juara?

INDOSPORT.COM - Resmi dilatih Bojan Hodak di Liga 1 Indonesia musim depan, berikut rekam jejak para pelatih asal Eropa Timur yang pernah tukangi PSM Makassar sepanjang sejarah. Selalu bawa gelar juara?

Bojan Hodak sendiri resmi ditunjuk sebagai pelatih baru PSM untuk mengarungi Liga 1 2020. Pelatih asal Kroasia tersebut akan menggantikan tugas Darije Kalezic, yang sebelumnya tidak mendapat perpanjangan kontrak bersama PSM.

Penunjukan pelatih asal Kroasia itu diumumkan langsung lewat konferensi pers, Selasa (31/12/19). Bojan Hodak dipilih oleh PSM karena dianggap sebagai sosok yang telah mengenal betul sepak bola Asia Tenggara, selain juga memiliki catatan prestasi yang cukup menjanjikan untuk bisa membawa tim bersaing musim depan.

Nama Bojan Hodak sendiri bukanlah sosok sembarangan khususnya di Malaysia, tercatat mantan pemain NK Trnje tersebut berhasil menorehkan tinta emas dengan menyabet dua gelar Liga Super Malaysia dengan dua tim berbeda.

Bahkan pelatih berusia 48 tersebut mampu membawa Timnas Malaysia U-19 meraih gelar Piala AFF U-19 tahun 2018 silam. Sebuah capaian yang semakin melengkapi gemilangnya kiprah kepelatihan Bojan Hodak, dan mungkin akan membawa dampak positif buat PSM Makassar.

Sebelumnya, skuat PSM Makassar pernah beberapa kali merasakan arahan serta bimbingan pelatih asal Eropa Timur, wilayah yang juga menjadi negara asal Bojan Hodak (Kroasia).

Lantas bagaimana kiprah para pelatih Eropa Timur di PSM sebelum era Bojan Hodak? Apakah mereka selalu berhasil memberikan gelar juara buat skuat Juku Eja di akhir kompetisi?

Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas, rekam jejak para pelatih Eropa Timur di PSM Makassar sepanjang sejarah.

1. Miroslav Janu
Nama pelatih Eropa Timur pertama yang pernah melatih PSM adalah Miroslav Janu. Juru latih kelahiran Cekoslovakia tersebut melatih PSM pada periode 2003 hingga 2005.

Pada musim pertamanya membesut skuad Juku Eja, pelatih yang telah tutup usia pada 2013 silam tersebut berhasil menghantarkan PSM Makassar ke posisi dua ajang Liga Primer Indonesia.

2. Rudi Minkovski
Berikutnya ada nama Rudi Minkovski, pelatih kelahiran Bulgaria tersebut pernah menukangi PSM pada periode 2007/08 silam.

Sayang penampilan Rudi Minkovski di musim pertamanya mentas di Liga Indonesia tidak berjalan baik, setelah cuma finis di peringkat kelima wilayah timur dan gagal melangkah ke babak selanjutnya.

3. Petar Segrt
Pelatih Kroasia pertama dalam sejarah PSM adalah Petar Segrt, mantan juru latih Timnas Georgia ini menukangi Laskar Ramang pada musim 2011 hingga 2013 dalam gelaran Liga Primer Indonesia.

Sayang dalam dua musim membesut PSM Makassar, pelatih berusia 50 tahun gagal menyumbangkan gelar juara dan cuma menghantarkan PSM finis di urutan 12 dan 16.

4. Darije Kalezic
Terakhir, dan mungkin pelatih asal Eropa Timur yang paling sukses menukangi PSM adalah Darije Kalezic. Sebab juru taktik asal Bosnia tersebut merupakan pelatih pertama yang bisa memberikan gelar untuk Juku Eja sejak 19 tahun silam.

Namun sayang meski membawa PSM juara di ajang Piala Indonesia 2018, namun Darije Kalezic tidak bisa bertahan lama lantaran manajemen resmi melepasnya akhir musim lalu.