Liga Inggris

Ini Formula Rahasia Arteta yang Buat Pepe Tampil Gemilang

Kamis, 2 Januari 2020 19:25 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© arsenal.com
Mikel Arteta membantu Nicolas Pepe mengeluarkan potensinya di klub Liga Inggris, Arsenal. Copyright: © arsenal.com
Mikel Arteta membantu Nicolas Pepe mengeluarkan potensinya di klub Liga Inggris, Arsenal.

INDOSPORT.COM – Penampilan gemilang Nicolas Pepe pada laga Liga Inggris melawan Manchester United, Kamis (02/01/20) dini hari tadi seakan menjawab banderol 72 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) yang disematkan padanya.

Satu gol dan satu umpan yang diciptakan Pepe berhasil mengantarkan Meriam London unggul 2 gol tanpa balas atas rival abadinya ini. Hal tersebut tampaknya menjadi salah satu tanda kebangkitan Arsenal di bawah Mikel Arteta.

Arteta memberi instruksi ke skuatnya agar tampil agresif dan sederhana. Akan tetapi, di balik kesederhanaan tersebut, eks asisten Pep Guardiola ini membebaskan anak-anak asuhnya untuk mengeluarkan kemampuan individu terbaik mereka.

Arteta tidak memaksa pemainnya untuk mengikuti sistem yang dia pakai. Malahan, dia membiarkan sistem yang dia pakai bisa mengalir bersama kemampuan individu istimewa milik Nicolas Pepe atau Mesut Ozil.

Kesederhanaan tersebut terlihat dari bagaimana cara mereka bermain. Selain itu, Arteta juga mengembalikan pemainnya ke posisi alami mereka, dengan maksud membuat mereka bisa tampil maksimal.

Dilansir berita Liga Inggris laman football.london, kegemilangan Nicolas Pepe tak lepas dari kejelian pelatih asal Spanyol tersebut. Pepe dibebaskan untuk tampil menyerang dan agresif.

Hasilnya, raihan tekel yang Pepe sama banyak dengan gabungan tekel yang dimiliki Nemanja Matic, Aaron Wan-Bissaka, dan Victor Lindelof.

Secara sederhana, sebenarnya taktik yang dimiliki oleh Mikel Arteta adalah memainkan pemain di posisi terbaik mereka, instruksikan mereka lebih ngotot dan agresif saat kehilangan bola, dan bebaskan mereka setelah berhasil mendapatkan bola.

Patut ditunggu bagaimana kiprah Mikel Arteta di Arsenal dengan skema permainan seperti itu. Mampukah dia membawa Arsenal kembali mendominasi Liga Inggris?