Liga Inggris

Hasil Pertandingan Liga Inggris Liverpool vs Sheffield United: Awal Tahun yang Baik

Jumat, 3 Januari 2020 04:56 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Liverpool kembali menorehkan hasil manis, kala menjamu Sheffield United di lanjutan Liga Inggris pekan ke-21, pada Jumat (03/01/20) dini hari WIB. Bermain di Stadion Anfield, The Reds menang 2-0.

Liverpool yang bermain dengan skuat intinya, langsung tampil menekan sejak menit awal. Merekapun tak butuh waktu lama untuk membuka keunggulan. 

Laga baru berjalan empat menit, Mohamed Salah berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan umpan tarik Andrew Robertson. Sontekan jarak dekatnya, membawa The Reds unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, membuat Sheffield untuk coba bangkit dan berusaha menyerang. Dua menit berselang, mereka memperoleh peluang, melalui aksi John Lundstram.

Tim tamu hampir menyamakan kedudukan, namun sepakan half-volley sang gelandang hanya menyamping tipis di sisi kanan gawang Alisson Becker.

Sheffiled United benar-benar tak bisa dianggap remeh. Mereka kembali mengancam gawang Liverpool pada menit ke-8. David McGoldrick mengais peluang dari luar kotak penalti, tetapi tembakannya masih bisa ditepis oleh Alisson.

Liverpool coba keluar dari tekanan. Pada menit ke-12 giliran mereka mendapat peluang emas. Berawal dari serangan balik cepat, Jordan Henderson mengirim umpan kepada Salah, yang diteruskannya melalui tendangan first time. 

Namun sepakan pemain sayap Mesir itu berhasil dimentahkan kiper Dean Henderson. Memasuki menit ke-30, Liverpool mulai konsisten menguasai jalannya pertandingan.

Serbuan demi serbuan mereka lancarkan ke gawang Sheffield United, termasuk peluang Salah menit ke-30. Dirinya nyaris menggandakan skor, andai sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti tak ditepis Dean Henderson.

Hingga injury time babak pertama, tim besutan Jurgen Klopp masih berusaha untuk menambah keunggulan. Hanya saja, tak ada gol lagi yang tercipta hingga turun minum. Skor 1-0 tak berubah.

Babak II

Di interval babak kedua, Liverpool sama sekali tak mengendurkan serangan mereka. Sadio Mane cs tetap tampil agresif dan menyerang, demi memperlebar keunggulan.

Peluang pertama mereka dapatkan di babak kedua, dari situasi set piece,. Robertson mengirim umpan lambung ke kotak penalti Sheffield United, tetapi Virgil van Dijk dan Mane gagal menyambut bola.

Pada menit ke-51, giliran Alexander-Arnol yang berusaha mencetak gol. Bek sayap timnas Inggris itu melepaskan tembakan keras dari luar area penalti, namun upayanya berhasil diblok oleh Oliver Norwood.

Peluang demi peluang para pemain Liverpool dapatkan, namun belum ada yang membuahkan hasil. Hingga akhirnya, Mane memecah kebuntuan babak kedua pada menit ke-64. 

Winger asal Senegal itu mencetak gol, setelah memanfaatkan umpan terobosan dari Salah. Sepakan pertamanya sempat diblok Dean, sebelum akhir bola liar kembali ditendang ke arah gawang dan masuk. Skor jadi 2-0. 

Meski sudah unggul, Liverpool tetap tampil menyerang. Peluang demi peluang, serta tendangan ke arah gawang yang terjadi di lima menit terakhir, terus terjadi.

Akan tetapi upaya tersebut tak membuahkan hasil gol tambahan ketiga. Dewi fortuna nampaknya memang enggan melihat The Reds menang dengan angka besar. Skor 2-0 bertahan hingga laga bubaran.

Kemenangan ini membuat Liverpool semakin nyaman di puncak klasemen Liga Inggris, dengan koleksi 58 poin. Jauh meninggalkan dua pesaing utamanya, Leicester City di posisi ke-2 dengan 45 poin, dan Manchester City dengan 44 poin.

Susunan Pemain

Liverpool: 

Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Naby Keita, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Sheffield United:

Dean Henderson; Chris Basham, John Egan, Jack O’Connell; George Baldock, John Lundstram, Oliver Norwood, John Fleck, Enda Steven;, David McGoldrick, Lys Mousset.