Liga Indonesia

Disanksi FIFA, PSSI Ajukan 'Keberatan'

Jumat, 10 Januari 2020 15:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, telah bersurat ke FIFA terkait sanksi dan hukuman larangan tanpa penonton yang dijatuhkan FIFA belum lama ini. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, telah bersurat ke FIFA terkait sanksi dan hukuman larangan tanpa penonton yang dijatuhkan FIFA belum lama ini.

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, telah bersurat ke FIFA terkait sanksi dan hukuman larangan tanpa penonton yang dijatuhkan FIFA belum lama ini. PSSI meminta penjelasan rinci soal keputusan Komite Disiplin FIFA atas sanksi tersebut.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, ingin meminta penjelasan lebih lanjut, lantaran sanksi yang diterima sangat besar, mencapai Rp2,8 miliar.

“Kita sudah bersurat ke FIFA. Jadi, kita ingin penjelasan lebih rinci atas keputusan sanksi itu,” ujar Mochamad Iriawan. 

Seperti diketahui, Departemen Disiplin FIFA menjatuhkan sanksi denda CHF 200.000 atau setara Rp2,8 miliar dan larangan tanpa penonton untuk satu pertandingan official FIFA. Hal itu merupakan imbas kecericuhan di pertandingan melawan Malaysia pada Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 19 November 2019.

Indonesia dijerat dua pasal sekaligus, 12 dan 16 FIFA Disclipinary Code (FDC). Timnas Indonesia juga mendapatkan teguran untuk kedua kalinya setelah pemain dan ofisial dianggap membuat kick off melawan Malaysia tertunda.

Peringatan pertama datang ketika menjamu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 10 September tahun lalu.