Liga Indonesia

3 Blunder Fatal Persebaya Surabaya Bila Sampai Lepas Osvaldo Haay

Sabtu, 11 Januari 2020 16:19 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Persebaya Surabaya sepertinya akan melakukan blunder fatal apabila sampai melepas Osvaldo Haay di bursa transfer jelang Liga 1 2020.

Nama Osvaldo Haay belakangan memang menjadi komoditi panas bursa transfer jelang Liga 1 2020. Pemain berusia 22 tahun tersebut santer dikabarkan bakal hengkang meninggalkan klubnya, Persebaya Surabaya.

Isu muncul lantaran Osvaldo Haay belum jua memperpanjang kontraknya yang akan habis pada 31 Januari 2020. Apalagi beberapa waktu lalu, Osvaldo Haay sempat pula mangkir dari latihan skuat Bajul Ijo.

"Kami sudah mencoba menghubungi pemain itu (Osvaldo Haay), tapi sampai saat ini tidak ada respons," kata Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi pada Rabu (08/01/20).

"Padahal manajemen sudah menginfokan jika latihan Persebaya mulai tanggal 6 Januari 2020. Tapi dia tetap tidak ada respons dari pemainnya," lanjutnya.

Bagi manajemen Persebaya Surbaya, kemungkinan Osvaldo Haay pergi sepertinya harus segera bisa diredam. Pasalnya, ada sejumlah potensi blunder fatal yang mengancam Persebaya Surabaya jika nantinya sampai gagal memertahankan Osvaldo Haay.

Lalu, apa sajakah blunder fatal yang mengancam Persebaya Surabaya bila melepas Osvaldo Haay? INDOSPORT coba membuatkan perkiraannya dalam ulasan berikut.

Potensi Osvaldo Haay

Osvaldo Haay melakukan selebrasi pada menit ke-34

Persebaya Surabaya sepertinya akan melakukan blunder fatal apabila sampai melepas Osvaldo Haay. Terutama terkait potensi yang dimiliki Osvaldo Haay sebagai seorang pesepak bola.

Osvaldo Haay kini usianya masih sangat muda, 22 tahun. Bakatnya selaku pemain muda tergolong memiliki potensi luar biasa.

Lihat saja kiprah Osvaldo Haay sepanjang era Liga 1. Musim 2017, Osvaldo Haay yang masih berusia 19 tahun, sudah bisa mendapatkan menit bermain reguler di tim besar sekelas Persipura Jayapura, dengan catatan 22 penampilan dan enam gol.

Musim berikutnya, Osvaldo Haay hijrah ke Persebaya Surabaya dan kembali mendapat kepercayaan lebih. Sepanjang Liga 1 2018, Osvaldo Haay menorehkan 21 penampilan dan mencetak sembilan gol.

Hingga pada musim Liga 1 2019, Osvaldo Haay masih menjadi andalan lini depan Persebaya Surabaya. Catatan enam gol dari 20 penampilan musim lalu, rasanya akan sangat berarti untuk kiprah Persebaya Surabaya musim depan.

Berkaca dari segala rekam jejak tersebut, tentu akan menjadi sebuah kerugian besar apabila Persebaya Surabaya sampai merelakan bakat hebat Osvaldo Haay pergi.

Faktor David da Silva

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persebaya Surabaya merayakan gol yang dicetak David da Silva Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemain Persebaya Surabaya merayakan gol yang dicetak David da Silva

Persebaya Surabaya berhasil memertahankan penyerang asingnya, David da Silva. Namun, nama David da Silva saja tak cukup, agar makin hebat lagi, Persebaya juga harus bisa menjaga Osvaldo Haay.

Semua lantaran Osvaldo Haay mampu tampil beringas sejak David da Silva kembali memperkuat Persebaya Surabaya di pertengahan musim Liga 1 2019. Lihat saja, dalam empat pertandingan awal David da Silva bersama Persebaya Surabaya, yakni kontra Bhayangkara FC, Kalteng Putra, PSIS Semarang, dan Bali United, sosok Osvaldo Haay berhasil tampil tajam dengan sumbangan tiga gol.

Sementara David da Silva, pada empat penampilan awalnya, total membukukan dua gol dan satu assists. Sayangnya, kegemilangan kerjasama keduanya sempat terhenti selama 11 pertandingan, akibat Osvaldo Haay absen panjang akibat cedera, akumulasi kartu, dan membela Timnas Indonesia untuk SEA Games 2019.

Begitu Osvaldo Haay kembali pada laga pekan ke-33 kontra Persija Jakarta, kerjasama apik dengan David da Silva kembali terlihat. Persebaya Surabaya menang 2-1, yang mana Osvaldo mencetak 1 gol serta satu assists, dan David da Silva membukukan satu assists.

Tentu akan menjadi sebuah kerugian besar bagi Persebaya Surabaya jika Osvaldo Haay sampai pergi musim depan. Bonek tak akan bisa melihat lagi kerjasama menawan antara Osvaldo Haay-David da Silva, yang rajin menghasilkan gol-gol indah.

Pelengkap Saddil Ramdani

© Grafis:Ynt/Indosport.com
Saddil Ramdani sepertinya bakal diterpa blunder fatal apabila sampai memilih Persebaya Surabaya sebagai pelabuhan barunya di Liga 1 2020. Copyright: Grafis:Ynt/Indosport.comSaddil Ramdani diisukan gabung Persebaya Surabaya.

Persebaya Surabaya belakangan santer dikaitkan akan memboyong Saddil Ramdani. Isu itu tak lepas dari unggahan Osvaldo Haay di media sosial.

Osvaldo Haay melalui fitur Insta Story mengunggah foto bersama Saddil Ramdani. Unggahan Osvaldo Haay seakan menjadi pertanda kalau Saddil Ramdani kini semakin dekat bergabung dengan Bajul Ijo.

Sayangnya, sosok yang membuat Saddil Ramdani diisukan gabung Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay, saat ini malah berpotensi pergi. Osvaldo Haay belum melakukan perpanjangan kontrak dengan Persebaya Surabaya, dan beberapa waktu lalu sempat pula mangkir latihan.

Menanggapi segala situasi yang ada, sepertinya Persebaya Surabaya harus mengusahakan agar Osvaldo Haay tak pergi. Peran Osvaldo Haay diyakini bakal jadi duet sepadan bagi Saddil Ramdani yang mungkin akan segera gabyung Persebaya Surabaya.

Lihat saja kerjasama Osvaldo Haay dan Saddil Ramdani bagi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 lalu. Osvaldo dan Saddil sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-23 merebut medali perak.

Hebatnya lagi, kala itu Osvaldo dan Saddil sama-sama mampu tampil produktif. Osvaldo berhasil mencetak delapan gol, sedangkan Saddil membukukan dua gol.

Sekarang, tinggal dinanti saja bagaimana respon manajemen Persebaya Surabaya? Apakah Bajul Ijo rela melepas Osvaldo, yang notabena punya rekam jejak menawan bila diduetkan dengan Saddil?