Liga Inggris

Hampir Menangi Liga Inggris, Nasib Liverpool Bisa Seperti Manchester United

Rabu, 5 Februari 2020 18:26 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Andrew Powell/GettyImages
Tengah berjaya, klub Liga Inggris, Liverpool, bisa saja bernasib seperti Manchester United, kenapa? Copyright: © Andrew Powell/GettyImages
Tengah berjaya, klub Liga Inggris, Liverpool, bisa saja bernasib seperti Manchester United, kenapa?

INDOSPORT.COM - Tidak selamanya dominasi Liverpool di Liga Inggris akan berjalan baik. Pasalnya, tim tersebut bisa saja mengalami nasib serupa Manchester United.

Pendapat itu disampaikan oleh legenda Setan Merah sekaligus pandit sepak bola, Rio Ferdinand. Mantan bek itu menyebut predikat jawara Liga Inggris musim ini sudah semakin dekat oleh jangkauan Liverpool.

Hanya saja bak pedang bermata dua, ini juga bisa membawa nasib sama dengan Manchester United. Bagaimana tidak, raihan gelar yang banyak bisa membuat Liverpool terbebani jika saja mereka gagal sekali pada masa yang akan datang.

"Anda harus mengakuinya, bagi saya Liverpool telah melakukan kerja yang bagus. Dalam jangka waktu dua tahun mereka sukses membuat akumulasi poin yang terbilang sangat fenomenal," ujar Rio Ferdinand, dilansir Dailymail.

"Mereka seperti tim yang terbentuk sejak lama (Manchester United) karena saling keterkaitan dengan pelatih dan para pemainnya. Tentu kesuksesan ini tidak bisa dicapai dalam waktu instan, tapi Anda lihat saja hasil ini akan membuat beban mereka kian berat nantinya," tutup Ferdinand.

Jika Liverpool sukses menjuarai Liga Inggris musim ini, tim berjuluk The Reds tersebut bakal memiliki pencapaian luar biasa dalam waktu satu tahun. Hasil ini akan melengkapi lemari trofi mereka yang lebih dulu diisi gelar Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Pencapaian luar biasa ini tentu mengingatkan kalangan umum dengan apa yang terjadi pada Manchester United. Saat masa keemasan kepelatihan Sir Alex Ferguson, The Red Devils mampu memenangkan banyak gelar bergengsi.

Tapi segalanya langsung berubah semenjak ditinggal Ferguson, berbagai kegemilangan gelar mulai pudar dari Manchester United. Sepanjang Liga Inggris musim ini saja mereka cukup susah payah mendapat tempat di empat besar klasemen.

Manchester United pun mendapat banyak pandangan miring yang mengungkapkan mereka tak sekuat dulu. Hal ini menjadi alasan utama Ferdinand merasa takut akan dominasi Liverpool yang bisa saja akan senasib dengan mantan klubnya tersebut.