Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2020: Persik Kediri, Tim Promosi Siap Beri Kejutan

Sabtu, 22 Februari 2020 15:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Sebentar lagi kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2020 bakal dimulai. Berikut profil salah satu peserta Liga 1, yakni Persik Kediri yang siap beri kejutan. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Sebentar lagi kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2020 bakal dimulai. Berikut profil salah satu peserta Liga 1, yakni Persik Kediri yang siap beri kejutan.

INDOSPORT.COM - Sebentar lagi kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2020 bakal dimulai. Berikut profil salah satu peserta Liga 1, yakni Persik Kediri yang siap beri kejutan.

Persik baru saja sukses promosi ke Liga 1 2020 usai berhasil meraih gelar juara Liga 2 2019 kala mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 3-2, akhir November lalu.

Pertandingan final Liga 2 2019 itu berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Gelar tersebut cukup spesial bagi Persik sejauh ini.

Pasalnya pada edisi 2018 lalu, Persik mampu ke luar sebagai kampiun ajang Liga 3. Kemudian saat 2019, Persik kembali menggondol gelar Liga 2.

Meski begitu perjuangan Persik untuk bisa naik kasta secara singkat itu tidaklah mudah. Sebab klub asal Jawa Timur ini harus melewati berbagai pertandingan sulit.

Terlebih para peserta Liga 2 juga mengusung daya juang untuk bisa naik kasta tertinggi di musim berikutnya. Namun Persik bisa melewatinya dengan cukup meyakinkan.

Persik bukanlah klub asing di kancah sepak bola nasional. Tim yang berjuluk Macan Putih ini pernah berkiprah di kasta teratas Liga Indonesia bahkan level internasional.

Bukti sahihnya ialah Persik sempat mencicipi gelar juara Liga Indonesia sebanyak dua kali tepatnya edisi 2003 dan 2006. Lalu pernah pula bermain di Liga Champions Asia pada 2004 dan 2007.

Bisa disebut kalau Persik bukanlah klub sembarangan, karena performa mereka terus menanjak. Prestasi yang pernah digapai tampaknya bisa menjadi nilai positif dalam mengembalikan kejayaan klub.

Pada masa bursa transfer Liga 1 kali ini, Persik melakukan beragam perombakan mulai dari kepala pelatih, staf, hingga pemain-pemain yang bakal didaratkan.

Persik pun mempercayakan kursi kepelatihan kepada lulusan lisensi AFC Pro, yakni Joko Susilo. Hal itu disampaikan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Persik Abdul Hakim Bafagih.

Abdul juga menegaskan kalau Persik tak ingin menjadi klub yang numpang lewat di pentas Liga 1 seperti tim-tim promosi yang sudah-sudah alias macam edisi sebelumnya.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain Persik Kediri saat merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 2 2019 Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTPemain Persik Kediri saat merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 2 2019.

"Kepada coach Joko Susilo, kami targetkan uintuk membawa tim ini menembus posisi 10 besar. Kami berpikir target itu menjadi yang paling realistis," ujar Abdul kepada wartawan termasuk awak INDOSPORT di Mess Persik, Sabtu (04/01/20).

Sementara itu Joko Susilo menyatakan siap menjalankan amanah pasca ditunjuk sebagai kepala pelatih Persik dan siap menampilkan kejutan luar biasa.

"Soal apa kejutan? Saya no comment dulu," ujar Joko dalam konferensi pers pada kesempatan yang sama.

Menurut PT Liga Indonesia Baru (LIB) kalau Liga 1 2020 rencananya bakal berlangsung pada 29 Februari. Ajang Liga 1 pun terdiri dari 18 peserta yang bakal saling sikut untuk menjadi juara.

Di sisi lain, berdasarkan draft jadwal yang dirilis PT LIB, Persik akan melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur, Sabtu (29/2/20). pukul 18.30 WIB.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%