Liga Spanyol

Ada Racun Mematikan di Udara, Laga Eibar vs Real Sociedad Ditunda

Minggu, 16 Februari 2020 08:29 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Pihak LaLiga telah membuat keputusan bahwa pertandingan pekan ke-24 antara Eibar vs Real Sociedad harus ditunda lantaran udara yang tercemar kimia mematikan. Copyright: © INDOSPORT
Pihak LaLiga telah membuat keputusan bahwa pertandingan pekan ke-24 antara Eibar vs Real Sociedad harus ditunda lantaran udara yang tercemar kimia mematikan.

INDOSPORT.COM - Pihak LaLiga telah membuat keputusan bahwa pertandingan pekan ke-24 kompetisi sepak bola Liga Spanyol 2019-2020 antara Eibar vs Real Sociedad harus ditunda lantaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar wilayah tersebut bermasalah dan meracuni udara sekitar.

Eibar memang mendapat jatah untuk melawan Real Sociedad pada pekan ke-24 kompetisi LaLiga Spanyol musim ini di Stadion Municipal del Ipurua. Meski ini merupakan momen yang tepat bagi Sociedad untuk bisa merangkak naik sampai ke zona Liga Europa musim depan, tapi mereka ternyata harus bersabar dulu.

Melansir dari laman portal berita olahraga Football Espana dan Goal, tempat pembuangan atau TPA di wilayah Eibar mengalami kebakaran. Hal tersebut menimbulkan menguapnya senyawa kimia tingkat tinggi yang meracuni udara di tempat tersebut. Alhasil, aktivitas kota setempat pun terganggu.

Komite Federasi Sepak bola Spanyol, membuat keputusan untuk membatalkan pertandingan Eibar vs Sociedad tersebut beserta seluruh pertandingan lain di wilayah tersebut. Di sisi lain, pihak kesehatan juga telah memperingatkan warga untuk menutup jendela mereka agar udara yang beracun tersebut tidak masuk ke dalam rumah.

Parahnya lagi, jalanan ditutup sementara. membuat masyarakat kota tersebut berhenti sejenak dari aktivitas keseharian mereka. Hal ini tidak mengherankan. Pasalnya, kadar dioksin dan furan, yang tercampur dengan limbah plastik, membuat kadar racun 40 kali lebih kuat dibanding biasanya.

Perlu diketahui, dioksin dan furan memang senyawa yang memiliki efek serius bagi kesehatan manusia. Jika sampai terhirup, mereka akan menyebabkan masalah dengan sistem reproduksi dan kekebalan (imune) tubuh. Bahkan, dua hal itu juga berpotensi besar menyebabkan kanker.

Dengan situasi ini, tentu tidak mungkin bila pertandingan Eibar kontra Real Sociedad di Municipal de Ipurua dilangsungkan. Karena, bisa membahayakan kesehatan bagi seluruh pihak yang hadir di stadion itu. Akan tetapi, pihak LaLiga Spanyol sendiri belum memberikan keputusan kapan waktu pastinya laga tersebut bakal diadakan.

Terlepas dari hal tersebut, Eibar sendiri saat ini masih menghuni peringkat 16 di klasemen sementara dengan torehan 24 poin, hasil dari enam kali menang, enam kali imbang, dan 11 kali kalah. Di sisi lain, Real Sociedad berada di peringkat delapan dengan 37 poin, hasil dari 11 kali menang, empat kali imbang, dan delapan kali kalah.