In-depth

Evolusi Virus Corona, dari Merusak Kesehatan Hingga Jadi Musuh Bagi Liverpool dan Lazio

Sabtu, 29 Februari 2020 19:03 WIB
Editor: Coro Mountana
© Clive Brunskill/Getty Images
Evolusi Virus Corona, dari Merusak Kesehatan Jadi Musuh Bagi Liverpool dan Lazio. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Evolusi Virus Corona, dari Merusak Kesehatan Jadi Musuh Bagi Liverpool dan Lazio.

INDOSPORT.COM – Ancaman virus Corona ternyata tak hanya menghancurkan kesehatan saja, tetapi kini mulai berevolusi jadi perusak mimpi fans Liverpool dan Lazio.

Organisasi kesehatan dunia atau yang biasa kita kenal dengan WHO pada Jumat (28/02/20) kemarin baru saja menaikkan status risiko dari virus Corona ke level tertinggi. Memang dalam sepekan ke belakang, penyebaran virus Corona berkembang secara signifikan,

Berdasarkan data dari WHO, virus Corona telah menginfeksi lebih dari 84.000 orang di dunia dengan 2.800 di antaranya telah meninggal. telah terinfeksi virus Corona yang telah mengguncang dunia sejak awal tahun ini.

"Kami sekarang telah meningkatkan status tentang risiko penyebaran dan dampak virus Corona hingga sangat tinggi di tingkat global," ujar ketua WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip AFP.

Melihat dampak yang ditimbulkan oleh virus Corona, jelas bahwa kesehatan dunia telah dirusak olehnya. Akan tetapi, kini virus Corona telah berevolusi dengan mulai merambah ke dunia sepak bola dan menjadi musuh bagi Liverpool serta Lazio, bagaimana ceritanya?

Liverpool

Baru-baru ini terkuak suatu laporan mengejutkan dari Metro, kalau ada wacana Liga Inggris diminta dihentikan selama 2 bulan agar penyebaran virus Corona tidak semakin meluas. Para petinggi Liga Inggris bahkan disebut sudah melakukan pertemuan.

Rapat yang dilakukan itupun digelar untuk membahas kondisi darurat akibat wabah virus Corona. Jika wacana Liga Inggris dihentikan selama 2 bulan dilaksanakan, maka ada kemungkinan kompetisi musim ini berakhir tanpa juara.

Jelas, ini sangat merugikan bagi Liverpool yang kini berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan unggul 22 poin atas Manchester City. Bahkan, Liverpool disebut hanya butuh 4 kemenangan lagi untuk mengunci gelar Liga Inggris.

Jika diputuskan Liga Inggris tanpa juara maka, jerih payah Liverpool musim ini bisa berakhir sia-sia dengan kembali harus puasa gelar. Dengan kata lain, bukan Manchester City yang jadi ancaman gagalnya Liverpool juara Liga Inggris, melainkan virus Corona.

Sejatinya Liverpool tidak sendiri karena Lazio juga bisa menjadi pihak yang paling dirugikan dengan adanya wabah virus Corona.

Lazio

© Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Bomber Lazio, Ciro Immobile masih memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di ajang Serie A Italia 2019/20, usai Biancoceleste menjegal Inter Milan. Copyright: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty ImagesBomber Lazio, Ciro Immobile masih memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di ajang Serie A Italia 2019/20, usai Biancoceleste menjegal Inter Milan.

Seperti yang kita tahu bahwa Italia menjadi salah satu pusat penyebaran virus Corona di Eropa. Hal itu berdampak pada kelangsungan kompetisi di Serie A Italia di mana banyak pertandingan yang sudah terkena dampak dari virus Corona.

Operator Serie A Italia sendiri sudah menyatakan langkah mendukung keputusan pemerintah pada 25 Februari yang berisi implementasi undang-undang keputusan nomor 6 untuk mengambil langkah pengelolaan darurat virus Corona.

Akibatnya, sejumlah pertandingan seperti Juventus vs Inter Milan, Udinese vs Fiorentina, AC Milan vs Genoa, Parma vs SPAL, dan Sassuolo vs Brescia terpaksa ditunda.

Yang paling menghebohkan adalah ketika terkuak kalau virus Corona telah menjangkiti pemain sepak bola klub Serie C Italia, Pianese. Melihat dampak yang semakin mengkhawatirkan dari virus Corona, bukan tidak mungkin Serie A Italia juga bisa dihentikan kompetisinya.

© Hellas1903.it
Logo Serie A Italia 2019/20 Copyright: Hellas1903.itLogo Serie A Italia 2019/20

Jika itu terjadi, maka rasanya klub yang paling dirugikan adalah Lazio di mana musim ini adalah saat terbaiknya. Bagaimana tidak, Lazio mengalami puncak peforma pada musim ini dengan bertengger di posisi kedua, hanya berselisih satu dengan Juventus.

Dengan kata lain, musim ini menjadi kesempatan terbaik bagi Lazio jika ingin mengakhiri puasa gelar Serie A Italia. Namun adanya virus Corona tampaknya bisa memupus ambisi Lazio untuk bersaing dengan Juventus dan Inter Milan di jalur juara Serie A Italia.

Pada akhirnya, kehadiran virus Corona telah berevolusi dengan telah merambah ke dunia olahraga di mana mereka bisa menjadi musuh besar dari Liverpool dan Lazio.