Liga Indonesia

Deretan Mantan Pelatih Timnas Indonesia yang Tangani Klub Liga 2 2020

Rabu, 11 Maret 2020 14:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Wikipedia/INDOSPORT
Berikut sejumlah mantan pelatih timnas Indonesia yang kini menangani klub-klub Liga 2 2020. Simak ulasan INDOSPORT. Copyright: © Wikipedia/INDOSPORT
Berikut sejumlah mantan pelatih timnas Indonesia yang kini menangani klub-klub Liga 2 2020. Simak ulasan INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada deretan mantan pelatih timnas Indonesia yang kini menangani klub-klub Liga 2 2020. Simak ulasan INDOSPORT.

Hajatan Liga 2 2020 bakal dimulai pada 14 Maret mendatang. Hal ini sudah disampaikan oleh Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri.

"Laga pembukaan Insha Allah dilaksanakan di Balikpapan pada 14 Maret antara Persiba melawan Kalteng Putra," ujar Cucu, Jumat (6/3/20).

Cucu juga menambahkan bahwa laga pembuka tersebut dilakukan di luar Jawa dan memilih Kalimantan supaya publik bisa melihat bagaimana wilayah calon ibu kota baru.

Liga 2 memiliki aturan baru, di mana dua klub teratas masing-masing wilayah berhak promosi ke kasta tertinggi. Namun dua klub tersebut harus melakoni laga final untuk menentukan siapa yang layak membawa pulang trofi juara.

Di sisi lain, runner-up masing-masing wilayah juga akan bertarung guna mendapatkan satu tiket promosi, sedangkan tiga klub dari dua wilayah harus degradasi.

Menjelang bergulirnya Liga 2 2020, sebanyak 24 klub telah melakukan segala hal mulai dari stadion, pemain, hingga mendatangkan pelatih.

Menariknya, Liga 2 masih tetap diisi oleh pelatih asing. Musim ini saja ada lima juru taktik luar negeri yang menangani beberapa tim Liga 2.

Artinya kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia tetap memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga, tak boleh dianggap remeh oleh penggemar sepak bola.

Meski demikian ternyata ada sejumlah mantan pelatih Timnas Indonesia yang kini menangani klub Liga 2 2020. Siapa saja mereka? Simak.

Herry Kiswanto

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Sulut United, Herry Kiswanto. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTPelatih Sulut United, Herry Kiswanto. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pelatih kelahiran Banda Aceh berusia 64 tahun Herry Kiswanto diketahui pernah menjadi pelatih timnas Indonesia, mesik sebatas hanya menjadi asisten saja.

Hal itu terjadi usai Herry Kiswanto pensiun dari Bandung Raya pada 1996 silam. Lalu dirinya dipercaya menjadi staf pelatih pada 1997 lalu.

Kala itu Herry Kiswanto ditunjuk oleh kepala pelatih Timnas Indonesia, yakni Henk Wullems (1996-97). Lalu kala dijabat Rusdy Bahalwan (1998), Herry juga tetap dipercaya.

Pada 1999, PSSI menunjuk Bernard Schumm (Jerman) untuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Herry juga masih terlibat kala itu.

Kala Timnas Indonesia dipegang oleh Nandar Iskandar, Herry masih dipercaya menjadi bagian dari staf kepelatihan dan menjadi akhir kebersamaan Herry Kiswanto dengan Timnas Indonesia.

Kini, Herry Kiswanto dipercaya menangani klub dari wilayah barat, yakni Cilegon United di Liga 2 2020. Segala persiapan juga telah dilakukan sejauh ini.

Bambang Nurdiansyah

© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Bambang Nurdiansyah dalam konfrensi pers pasca kemenangan 5-1 atas Arema FC di Liga 1 2019. Copyright: Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORTPelatih PSIS Semarang, Bambang Nurdiansyah dalam konfrensi pers pasca kemenangan 5-1 atas Arema FC di Liga 1 2019.

Berikutnya ada pelatih asal Banjarmasin berusia 59 tahun dalam sosok Bambang Nurdiansyah. Pelatih yang sempat menjadi striker ini pernah menjadi caretaker  timnas Indonesia.

Dirinya dipercaya pada 2005 silam. Bambang melatih timnas Indonesia untuk pertandingan melawan Afrika Selatan dalam rangka ulang tahun Golongan Karya.

Kemudian, Bambang juga ditunjuk sebagai asisten pelatih timnas Indonesia U-23 periode 2006-2007, tepatnya persiapan menuju SEA Games 2007.

Bambang Nurdiansyah juga pernah menjadi pelatih timnas putri di SEA Games 2011. Kini, dia menduduki jabatan pelatih Muba Babel United di Liga 2 2020.