Liga Champions

Lolos ke Perempatfinal Liga Champions, Ini Kunci Kekuatan Atalanta

Rabu, 11 Maret 2020 17:34 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fedenerazzura
Josip Ilicic adalah salah satu kunci keberhasilan Atalanta menembus perempatfinal Liga Champions musim ini. Copyright: © Fedenerazzura
Josip Ilicic adalah salah satu kunci keberhasilan Atalanta menembus perempatfinal Liga Champions musim ini.

INDOSPORT.COMAtalanta mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya lolos ke perempatfinal Liga Champions sepanjang klub tersebut berdiri.

Tampil sebagai debutan di Liga Champions musim 2019-2020 ini, Atalanta tak henti-hentinya membuat kejutan. Setelah hampir mengakhiri perjalanan mereka di babak grup, skuat asuhan Gian Piero Gasperini berhasil melanjutkan langkah ke perempatfinal setelah melewati hadangan Valencia di babak 16 besar.

Atalanta sukses mencatatkan agregat skor 8-4 atas Valencia setelah pada leg pertama mereka menang 4-1. Di leg kedua dini hari tadi, Josip Ilicic tampil trengginas dengan mencetak 4 gol yang membawa La Dea menang 4-3 sekaligus memastikan satu tiket ke perempatfinal Liga Champions musim ini.

Hormat setinggi-tingginya patut diberikan pada Gasperini, sosok yang menjadi otak di balik permainan atraktif Atalanta sepanjang musim ini.

Dilansir dari Squawka, berikut kunci kekuatan Atalanta hingga mereka bisa tampil mengejutkan baik di Liga Champions maupun di Serie A Liga Italia.

Skema Permainan yang Fleksibel dan Sangat Cair

Gian Piero Gasperini memiliki beragam pilihan taktik yang disesuaikan dengan lawan yang akan dihadapi. Beragam taktik tersebut juga didukung oleh pemain-pemain yang mampu tampil cair dan terkenal sangat kreatif.

Tak ayal, mudah bagi para pemain Atalanta untuk selalu terlihat di segala sudut lapangan. Hal tersebut didukung oleh kemampuan fisik mereka yang mampu melakukan pressing ketat sepanjang pertandingan berlangsung.

Alejandro Gomez dan Josip Ilicic di depan menjadi motor serangan Atalanta. Mereka berdua ditopang oleh tiga gelandang yang memiliki determinasi tinggi, yakni Remo Freuler, Mario Pasalic, dan Marten de Roon.

Kombinasi yang tepat sekaligus berimbang antara determinasi fisik dari trio Freuler, Pasalic, serta De Roon dan kreativitas serta finishing yang mumpuni dari Papu Gomez dan juga bintang mereka, Ilicic.

Stamina dan Energi yang Luar Biasa

Bagi klub yang menerapkan strategi pressing ketat seperti apa yang dilakukan Gasperini, stamina dan energi menjadi salah satu kunci suksesnya skema tersebut diterapkan di lapangan.

Gaseprini memiliki pemain yang mampu tampil tanpa kenal lelah sepanjang pertandingan berlangsung. Para pemain La Dea terlihat ngotot dan selalu berusaha melakukan counterpressing.

Josip Ilicic

Ilicic adalah kunci kekuatan penampilan atraktif Atalanta sejauh ini. Bintang asal Slovenia tersebut tercatat telah mencetak 21 gol dan 9 umpan dari 29 kali penampilannya di semua kompetisi bersama The Goddess.

Diberkati dengan fisik yang mumpuni dan berpadu dengan olah bola yang aduhai, Ilicic dapat dikatakan sebagai salah satu senjata utama Gasperini dalam memporak-porandakan pertahanan lawan.