Liga Indonesia

Resmi Ditutup, Berikut 5 Transfer Paling Mengejutkan di Liga 1 2020

Rabu, 11 Maret 2020 20:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bursa transfer Liga 1 2020 secara resmi telah ditutup Rabu lalu (10/02/20), sekaligus menutup kemungkinan transfer mengejutkan seperti lima pemain berikut. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bursa transfer Liga 1 2020 secara resmi telah ditutup Rabu lalu (10/02/20), sekaligus menutup kemungkinan transfer mengejutkan seperti lima pemain berikut.

INDOSPORT.COM - Bursa transfer Liga 1 2020 secara resmi telah ditutup Rabu lalu (10/02/20), sekaligus menutup kemungkinan transfer mengejutkan seperti lima pemain berikut.

Setelah beberap abulan berlalu, bursa transfer Liga 1 2020 akhirnya secara resmi ditutup pada hari Rabu (10/03/20).  Ditutupnya bursa transfer tersebut sekaligus memastikan tak ada lagi kejutan-kejutan yang bisa dilakukan 18 klub yang akan ambil bagian di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia saat ini.

Sebab dalam beberapa bulan kebelakang, cukup banyak perpindahan pemain yang mengejutkan bursa transfer Liga 1 2020. Seperti lima transfer mengejutkan yang coba INDOSPORT rangkumkan berikut ini

Renan Silva

Transfer mengejutkan pertama adalah hengkangnya Renan Silva dari Borneo FC ke Bhayangkara FC, Sabtu (18/01/20). Menjadi mengejutkan, sebab renan Silva sebenarnya merupakan pemain yang sangat penting buat Borneo FC musim lalu.

Bahkan saking penting peran dan kontribusinya, Renan Silva sampai diganjar pengharagaan pemain terbaik Liga 1 2019. Semakin mengejutkan, ketika karena klub yang dituju Renan da Silva adalah Bhayangkara FC.

Ezechiel N'Douassel

Transfer yang tak kalah mengejutkan terjadi jelang Liga 1 2020 adalah kedatangan Ezechiel N'Douassel ke Bhayangkara FC.

Seperti Renan Silva, kedatangan Ezechiel N'Douassel ke Bhayangkara FC, Selasa (21/01/20) menjadi mengejutkan karena dirinya merupakan pemain yang sangat diandalkan klubnya terdahulu Persib Bandung.

Bukan hanya sebagai bomber yang diandalkan untuk mencetak gol, Ezechiel N'Douassel juga merupakan salah satu pemain kesayangan suporter Persib, Bobotoh.

Sehingga ketika dirinya datang hijrah ke klub asal Jakarta, Bhayangkara FC, tak sedikit Bobotoh yang menyayangkannya.

Marco Motta

Transfer mengejutkan selanjutnya yang terjadi jelang Liga 1 2020 adalah kedatangan pemain berlabel dunia, Marco Motta ke Persija Jakarta.

Sempat berhembus sebelumnya, kedatangan Marco Motta ternyata bukan sebatas rumor, seiring perkenalan yang dilakukan Persija Jakarta pada Minggu (02/02/20).

Kedatangan Motta sebenarnya cukup disangsikan beberapa pihak pada awalnya. Karena selain labelnya yang pernah memperkuat klub besar dunia seperti Juventus dan AS Roma, posisi bermain Motta yang seorang bek kanan juga menjadi alasan lainnya. Sebab hampir tak pernah ada klub Indonesia yang mendatangkan pemaina asing di posisi tersebut.

Namun pada akhirnya memang terjawab sudah. dengan ambisi besar meraih gelar juara Liga 1 2020, Persija Jakarta mengejutkan dengan mendatangkan seorang Marco Motta.

Makan Konate

Transfer bintang Arema FC asal Mali di Liga 1 2019 Makan Konate juga menjadi tranfser yang mengejutkan jelang Liga 1 2020 ini.

Bagaimana tidak, menjadi pujaan publik Aremania sepanjang musim lalu, Makan Konate justru memilih hengkang ke klub rival, Persebaya Surabaya.

Dengan rivalitas tinggi antar kedua klub tersebut, terlebih suporter mereka, tensi tinggi di kalangan suporter sempat muncul dalam rumor tranfser Makan Konate, yang secara resmi diumumkam pihak Persebaya, Kamis (16/01/20).

Marc Klok

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPerkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta.

Transfer terakhir yang mengejutkan jelang Liga 1 2020 adalah ketika tanpa banyak rumor berhembus, Marc Klok merapat ke klub asal Ibukota, Persija Jakarta.

Dengan statusnya yang merupakan idola dan andalan klub Sulawesi Selatan PSM Makassar, kedatangan Marc Klok ke Persija Jakarta menjadi mengejutkan karena pemain kelahiran Belanda itu sebenarnya masih memiliki kontrak di klub lamanya.

Namun atas kesepakatan kedua belah pihak, Marc Klok memang akhirnya resmi didatangkan ke Persija Jakarta pada Jumat (31/01/20).

Banyak yang berspekulasi, kepindahan Marc Klok ke Persija Jakarta jelang Liga 1 2020 berkaitan langsung dengan proses naturalsisasinya yang sedang berjalan.