Liga Indonesia

Hilang dan Dianggap Habis, Para Senior Timnas Indonesia ini Masih Aktif Bermain di Liga 2

Sabtu, 14 Maret 2020 18:04 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© alchetron.com
Hilang dan dianggap telah habis masa emasnya, ternyata para senior dan veteran Timnas Indonesia ini masih aktif bermain di Liga 2. Copyright: © alchetron.com
Hilang dan dianggap telah habis masa emasnya, ternyata para senior dan veteran Timnas Indonesia ini masih aktif bermain di Liga 2.

INDOSPORT.COM - Hilang dan dianggap habis masa emasnya, ternyata para senior dan veteran Timnas Indonesia ini masih aktif bermain di Liga 2.

Bagi para pesepakbola, usia terkadang menjadi batasan untuk tetap berkarir sehingga tidak jarang klub melepas pemain yang dianggap telah uzur atau lewat usia produktif mereka.

Tidak sedikit contoh dari sepak bola Eropa, di mana klub-klub besar berani melepas mega bintang bahkan ikon klub yang mereka anggap sudah mengalami penurunan.

Salah satu contohnya adalah Real Madrid, yang melepas Raul Gonzalez akibat usia yang telah lewat 30 tahun serta kalah saing dari Cristiano Ronaldo yang saat itu didatangkan kubu El Real.

Meski dilepas karena dianggap terlalu tua, tidak sedikit dari para pemain veteran tersebut yang malah bersinar di tim baru bahkan masih bermain hingga usia mereka melewati 35 tahun.

Tidak terkecuali di Liga Indonesia, beberapa pemain berikut ini dahulu sempat menjadi idola dan tumpuan Timnas namun memasuki usia senja nama mereka mulai meredup dan dianggap telah gantung sepatu.

Namun faktanya, beberapa dari veteran Timnas Indonesia berikut masih sangat aktif merumput bahkan sukses memberikan prestasi gemilang buat timnya di kompetisi resmi.

Lantas siapa sajakah para veteran Timnas tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas,  para senior Timnas Indonesia yang dianggap habis ternyata masih aktif bermain di liga.

Saktiawan Sinaga

© jurnalasia.com
Saktiawan Sinaga saat berseragam PSMS Medan Copyright: jurnalasia.comSaktiawan Sinaga saat berseragam PSMS Medan

Nama pertama adalah Saktiawan Sinaga, legenda PSMS Medan yang membawa Ayam Kinantan tiga kali juara Bang Yos Gold Cup serta mencatatkan sembilan caps bersama Timnas Indonesia senior tahun 2004−2009.

Memasuki usia 38 tahun, Saktiawan Sinaga ternyata masih aktif berlari di lapangan bahkan musim lalu ia sukses menghantarkan tim asa Riau, Tiga Naga meraih tiket promosi ke Liga 2 musim 2020.

Total dari 10 pertandingan bersama Tiga Naga musim lalu, Saktiawan Sinaga berhasil mencetak empat gol. Sebuah catatn yang cukup impresif buat pemain yang hampir mendekati kepala empat.

Talaohu Musafri

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Winger veteran, Talouhu Abdul Musafri. Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTWinger veteran, Talouhu Abdul Musafri.

Berikutnya ada pemain yang juga seangkatan dengan Saktiawan Sinaga yakni Talaohu Musafri, penyerang kelahiran Ternate berusia 38 tahun ini masih aktif bermain dan memperkuat PSIM di Liga 2 2020.

Tercatat Talaohu Musafri telah memperkuat Timnas Indonesia sejak tahun 2008 hingga 2014, dan berhasil meraih 11 caps dengan koleksi satu gol ke gawang Bangladesh.

Oktovianus Maniani

Terakhir ada Oktovianus Maniani, meski usianya saat ini masih di bawah 30 tahun namun pemain kelahiran Jayapura tersebut dulunya sangat diidolakan para fans Timnas bahkan dianggap sebagai calon superstar yang bisa membawa skuat Garuda meraih prestasi.

Pasalnya winger bertinggi 160 cm ini punya kecepatan dahsyat serta umpan silang akurat, tidak heran pergerakannya sangat ditakuti para bek lawan terutama di ajang Piala AFF 2010 silam. Peran Okto pun bisa dibilang vital dalam raihan runner up Timnas di Piala AFF 2010 kemarin.

Namun pasca gelaran Piala AFF 2010, perlahan karier Okto mulai redup bahkan dirinya tidak lagi dipanggil Timnas sejak 2013 silam. Sempat dianggap habis, ternyata Okovianus Maniani masih aktif bermain hingga sekarang dan memperkuat Persiba di Liga 2 2020.