Liga Inggris

Corona Masih Mengancam, Manchester United Batal Gelar Latihan

Selasa, 17 Maret 2020 21:08 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Regan/GettyImages
Klub Liga Inggris, Manchester United, terpaksa membatalkan latihan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Copyright: © Michael Regan/GettyImages
Klub Liga Inggris, Manchester United, terpaksa membatalkan latihan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

INDOSPORT.COM – Skuat Manchester United terpaksa membatalkan sesi latihan perdana usai penghentian Liga Inggris. Pembatalan itu dilakukan sebagai respons atas imbauan terbaru pemerintah terkait wabah Corona di Inggris.

Sejumlah klub menghentikan latihan mereka akhir pekan lalu setelah Liga Inggris dihentikan sementara akibat pandemi Corona. Sebagian klub bahkan terpaksa kehilangan pemain-pemainnya karena menjalani karantina, misalnya Leicester City dan Arsenal.

Namun, manajemen Setan Merah memutuskan agar tim tetap berlatih seperti biasa di pusat latihan mereka di Carrington karena tak seorang pun dari skuat mereka yang menunjukkan gejala virus Corona.

Namun keputusan itu akhirnya dibatalkan usai munculnya imbauan dari pemerintah Inggris agar masyarakat menghindari keramaian, Senin (16/03/20) lalu.

Perdana Menteri Boris Johnson meminta semua pihak menjauh dari kantor, restoran, bioskop, dan bar sebagai upaya drastis untuk menangkal cepatnya penyebaran Corona yang telah mencapai lebih dari 1.500 kasus di Inggris.

Usai adanya imbauan itu, manajemen Manchester United memutuskan memberikan libur tambahan tiga hari kepada skuat Setan Merah yang sebenarnya dijadwalkan kembali ke Carrington, Selasa (17/03/20).

Seluruh pemain, termasuk  dari tim-tim usia muda, diminta tetap tinggal di rumah. Para pemain pun diberi materi latihan pribadi untuk dilakukan di rumah masing-masing.

Manchester United sendiri telah meningkatkan level kewaspadaan di pusat latihan mereka terkait penyebaran Corona. Para pengunjung diminta menuliskan negara-negara mana yang pernah mereka kunjungi dalam suatu formulir khusus, guna mencegah para pemain dan staf terjangkit virus tersebut.

Pekan lalu otoritas terkait memutuskan menghentikan Liga Inggris hingga paling cepat tanggal 4 April. Namun hingga kini masih belum ada keputusan resmi tentang kapan dan bagaimana liga akan dilanjutkan, atau justru dibatalkan sepenuhnya.

Mengomentari penghentian liga, Ed Woodward mengaku kecewa tapi bisa memahaminya. Menurutnya, mencegah penyebaran virus Corona saat ini adalah sebuah prioritas.

Di Indonesia, virus Corona juga telah mengakibatkan dihentikannya kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2. Hingga Selasa (17/03/20) sore, jumlah kasus positif Corona terus meningkat hingga mencapai 172 kasus.