Liga Indonesia

Kondusif Hingga Pekan ke-3, Liga 1 2020 Paling Ramah Buat Pelatih?

Selasa, 17 Maret 2020 21:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© getwallpapers.com/wikipedia
Ilustrasi logo Liga 1 2020. Copyright: © getwallpapers.com/wikipedia
Ilustrasi logo Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM – Liga 1 2020 yang sudah berjalan hingga pekan ke-3, terkesan ramah untuk pelatih, jika berkaca pada musim-musim sebelumnya.

Sejak bergulirnya kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, bertajuk Liga 1, banyak pelatih yang sudah merasakan nasib nahas, harus mengalami pemecatan di saat kompetisi belum lama berjalan.

Namun tampaknya nasib nahas tersebut bisa sedikit menjauh dari pelatih-pelatih klub Liga 1 musim 2020 ini. Karena hingga pekan ke-3 berjalan, belum ada satupun pelatih yang dipecat oleh klubnya. Padahal di musim-musim sebelumnya, selalu ada pelatih yang mengalami pemecatan saat memasuki pekan ke-3 Liga 1.

Musim lalu misalnya, buntut rentetan hasil buruk bersama Persija Jakarta di Liga 1 2019, Piala AFC 2019, juga Piala Presiden, pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev menjadi korban pemecatan tepat di pekan ke-3.

Ivan Kolev menjadi korban pemecatan pertama Liga 1 2019, hingga kemudian menyusul beberapa pelatih dipekan berikutnya. Mulai dari Jacksen F. Tiago yang dipecat Barito Putera di pekan ke-5 dan Aji Santoso (Persela Lamongan) dan Luciano Leandro (Persipura Jayapura) yang kompak dipecat pada pekan ke-6.

Mundur ke Liga 1 2018, lebih ganas lagi, ketika sudah ada pelatih yang menjadi korban pemecatan saat baru memasuki pekan pertama. Adalah Iwan Setiawan yang kala itu dipecat Borneo FC setelah imbang tanpa gol di kandang sendiri melawan Sriwijaya FC dan juga sempat melakukan tindakan kontroversial.

Menyusul Iwan Setiawan, baru ada lagi pelatih yang mengalami pemecatan ketika memasuki pekan ke-8. Saat Joko Susilo didepak oleh klub asal Jawa Timur, Arema FC.

Bicara menegenai pemecatan pelatih di pekan-pekan awal Liga 1. Kompetisi musim perdana di tahun 2017 jelas merupakan masa yang paling menyeramkan buat pelatih.

Saat itu baru memasuki pekan ke-3, sudah ada tiga pelatih yang dipecat oleh klubnya masing-masing. Diawali dari  Hans-Peter Schaller yang dipecat Bali United di pekan ke-2. Menyusul  Pelatih PS TNI Laurent Hatton dan Timoe Scheunemann yang menukangi Persiba Balikpapan, dipecat saat memasuki pekan ke-3.

Berkaca pada catatan di atas, maka tak salah jika menyebut Liga 1 2020 kali ini cukup ramah untuk pelatih-pelatih yang berjibaku membawa klubnya untuk bersaing. 

Namun jangan lupakan, bahwa tolok ukurnya masih sebatas hingga pekan ke-3, sebab segala sesuatu masih sangat mungkin terjadi di pekan-pekan ke depannya. Terlebih ada beberapa pelatih yang terlihat mulai diragukan bisa memenuhi ekspektasi target yang dicanangkan manjemen sebelum bergulirnya Liga 1 2020.

Daftar Pelatih Dipecat Hingga Pekan ke-3 Liga 1

Liga 1 2019:

Pekan ke-3: Ivan Kolev (Persija Jakarta).

Liga 1 2018

Pekan Pertama: Iwan Setiawan (Borneo FC)

Liga 1 2017:

Pekan ke-2:  Hans-Peter Schaller (Bali United)

Pekan ke-3: Laurent Hatton (PS TNI)

Pekna ke-3: Timoe Scheunemann (Persiba Balikpapan)