Liga Inggris

Pep Bongkar Rahasia Jurgen Klopp yang Bikin Liverpool Jadi Terbaik di Inggris

Kamis, 19 Maret 2020 12:10 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Asister pelatih Liverpool, Pep Lijnders, yakin pola pikir Jurgen Klopp jadi alasan dibalik tangguhnya The Reds dalam beberapa tahun terakhir Copyright: © Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Asister pelatih Liverpool, Pep Lijnders, yakin pola pikir Jurgen Klopp jadi alasan dibalik tangguhnya The Reds dalam beberapa tahun terakhir

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Liverpool, Pep Lijnders, percaya bahwa alasan mengapa The Reds mampu mengukuhkan diri sebagai tim terbaik di Inggris dua tahun ini buah dari cara pikir Jurgen Klopp yang efektif.

Melansir dari laman Irish Examiner, laju Liverpool di Liga Inggris 2019-2020 jauh dari kata mengecewakan. Bagaimana tidak, dalam 29 pertandingan, The Reds hanya takluk sekali dan meraih 27 kemenangan.

Pep Lijnders sebagai bagian dari asisten pelatih Jurgen Klopp pun merasa apa yang dicapai Liverpool ini berkat tuah bosnya. Caranya dalam berpikir serta sikapnya membuat setiap departemen yang ada di klub asal Merseyside ini mampu bekerja secara efektif.

"Dia (Klopp) sangat cerdas. Otaknya bekerja dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan pelatih lainnya."

"Setiap hari dia membuatku terkejut. Kami telah bekerja sama selama empat hingga lima tahun. Dia bisa merubah persepsi hanya dalam waktu lima menit saja," ujar Pep.

Pep Lijnders pun menambahkan bahwa ia dan segenap asisten pelatih lainnya hanya mengikuti cara kerja yang telah dilakukan Klopp sehingga hal tersebut menjadi kunci dibalik kesuksesan Liverpool dalam dua tahun terakhir.

Dalam dua tahun terakhir, Liverpool mampu merajai Eropa. Kemenangan di final Liga Champions 2018-2019 membuat The Reds meraih gelar ke enamnya di kancah Eropa. Sedangkan untuk Liga Inggris, The Anfield Gank unggul secara peringkat dengan jarak 25 poin di posisi pertama.