Bola Internasional

Optimistis, Ahli Virus Jerman Sebut Sepak bola Kembali Normal di Tahun 2021

Sabtu, 21 Maret 2020 19:55 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo-logo liga Elite Eropa Copyright: © INDOSPORT
Logo-logo liga Elite Eropa

INDOSPORT.COM - Ahli virus asal Jerman menyatakan bahwa jagat sepak bola dunia bisa kembali berjalan normal seperti biasanya pada 2021 mendatang.

Hampir seluruh liga-liga di Eropa telah resmi ditunda penyelenggaraannya karena pandemi virus Corona (Covid-19). Euro 2020 yang akan digelar sebentar lagi harus ditunda selama setahun dan dijadwalkan berlangsung pada 2021.

Beberapa liga top Eropa menyatakan akan kembali menggelar pertandingan pada April atau selambat-lambatnya Mei mendatang untuk segera menyelesaikan laga musim 2019-2020, tak terkecuali Serie A Italia, LaLiga Spanyol, Premier League Inggris, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Prancis.

Namun, pandemi virus Corona yang semakin mengerikan kemungkinan besar akan membuat rencana pertandingan di liga top Eropa tersebut akan kembali ditunda dan mundur dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

“Saya rasa mereka (pertandingan di liga domestik Eropa) tidak akan bisa kembali digelar pada April mendatang. Masih terlalu berisiko dan kondisinya belum benar-benar stabil,” ujar Jonas Schmidt-Chanasit, ahli virus dari Institut Berhard-Nocht di Hamburg dikutip dari NRD.

Jonas menambahkan jika pertandingan bahkan tidak dapat digelar secara tertutup dan tanpa penonton. Karena ada kemungkinan para suporter akan berkumpul di rumah atau bar.

“Saya percaya dan yakin jika sepakbola akan kembali normal pada 2021 mendatang. Mengingat saat ini virus Corona benar-benar menjadi ancaman serius untuk seluruh masyarakat di dunia,” ujar Jonas.

Baginya, sepak bola di musim ini sudah bisa dianggap habis. Karena untuk bisa menyelesaikan musim ini secara normal adalah sesuatu yang tidak realistis.