Liga Italia

(On This Day) Mengenang Bergabungnya Ruud Gullit Bersama AC Milan

Sabtu, 21 Maret 2020 17:31 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Yohanes Ishak
© Laurens Lindhout/Soccrates/Getty Images
Legenda sepak bola asal Belanda, Ruud Gullit. Copyright: © Laurens Lindhout/Soccrates/Getty Images
Legenda sepak bola asal Belanda, Ruud Gullit.

INDOSPORT.COM – Hari ini, Sabtu (21/3/2020) 33 tahun yang lalu Ruud Gullit merapat ke AC Milan dan memecahkan rekor transfer dunia saat itu.

Kepindahan pemain yang memiliki gaya rambut dreadlock ke Serie A Italia 33 tahun yang lalu itu berhasil membuka era baru AC Milan. Era emas Rossoneri di mana mereka sukses mendominasi tanah Eropa selama bertahun-tahun.

Gullit yang diboyong dari PSV Eindhoven adalah tipikal gelandang serang modern yang tak hanya piawai dalam mengumpan bola, tetapi juga memiliki insting gol super tajam.

Diboyong dengan banderol transfer sebesar 6 juta poundsterling (112 miliar rupiah), Gullit berhasil memecahkan rekor transfer dunia yang sebelumnya dipegang oleh Napoli ketika mereka mendatangkan Diego Maradona dari Barcelona dengan banderol senilai 5 juta poundsterling (93 miliar rupiah).

Bersama dengan Marco van Basten dan Frank Rijkaard, Gullit berhasil tampil sebagai trio Belanda yang membuat AC Milan sangat ditakuti pada masa itu.

“Kekuatan fisiknya sangat menakjubkan dan dia bisa berperan dan bermain di posisi mana saja. Sungguh pemain yang menakjubkan,” ujar Roberto Donadoni, salah satu rekan Gullit ketika di AC Milan dikutip dari The National.

Selama 7 musim berseragam AC Milan, Gullit berhasil mengantarkan 3 trofi Serie A Italia, 2 trofi Liga Champions, 1 trofi Piala Interkontinental, dan 1 trofi Piala Super Eropa.