Bola Internasional

Bukan Manuel Neuer, Ini Kiper Terbaik di Bundesliga Jerman Musim Ini

Senin, 23 Maret 2020 19:28 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Benarkah Manuel Neuer bukan kiper terbaik di Bundesliga Jerman musim ini? Copyright: © Getty Images
Benarkah Manuel Neuer bukan kiper terbaik di Bundesliga Jerman musim ini?

INDOSPORT.COM – Siapakah penjaga gawang terbaik di Bundesliga Jerman? Pertanyaan tersebut kemungkinan besar akan dijawab dengan nama-nama mentereng seperti Manuel Neuer, Roman Burki, Peter Gulacsi, atau Lukas Hradecky.

Pertanyaan tersebut juga kemungkinan akan dijawab dengan menyebut nama penjaga gawang yang memiliki catatan kebobolan paling sedikit atau yang memiliki raihan clean sheet terbanyak. Tetapi, apakah benar demikian?

Jika menilik catatan kebobolan yang dilansir dari Transfermarkt, Manuel Neuer memang perkasa dan berada di daftar puncak penjaga gawang yang memiliki catatan kebobolan paling sedikit dengan 26 gol dari 25 pertandingan.

Selain itu, kiper andalan Timnas Jerman tersebut juga memimpin di daftar clean sheet terbanyak dengan raihan 10 kali.

Tapi, catatan tersebut mustahil terjadi tanpa dukungan David Alaba, Joshua Kimmich, dan para penggawa elite di lini belakang Bayern Munchen. Bukan sesuatu yang istimewa yang lantas otomatis menjadikan dirinya kiper terbaik musim ini.

Lalu siapa penjaga terbaik di Bundesliga Jerman sepanjang musim ini? Menurut statistik yang dilansir dari laman resmi Bundesliga Jerman, Yann Sommer lebih layak menyandang gelar tersebut.

Penjaga gawang Borussia Monchengladbach ini mungkin memang telah kebobolan 30 gol dan hanya sanggup mencatatkan 5 kali clean sheet. Namun, total jumlah penyelamatannya sampai saat ini menjadi yang tertinggi di Bundesliga Jerman.

Sommer tercatat telah melakukan 97 kali penyelamatan. Catatan ini jauh dibandingkan Neuer yang hanya melakukan 63 kali penyelamatan.

Bahkan, catatan penyelamatan Neuer masih kalah dibandingkan kiper yang namanya asing bagi kebanyakan orang seperti Rafael Gikiewicz yang berada di bawah Sommer dan Rune Jarstein yang berada di posisi ketiga.

Jika saja barisan belakang Bayern Munchen tak diisi oleh nama-nama elite seperti Lucas Hernandez, David Alaba, maupun Joshua Kimmich, bisa dipastikan jika catatan kebobolan Neuer mungkin saja akan menyentuh angka 40 gol.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%