Liga Indonesia

Liga 1 Dihentikan karena Corona, Pelatih Persib Tunggu Informasi Resmi

Senin, 23 Maret 2020 15:11 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts belum bisa berkomentar soal keputusan PSSI yang menghentikan Liga 1 2020 karena wabah virus corona. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts belum bisa berkomentar soal keputusan PSSI yang menghentikan Liga 1 2020 karena wabah virus corona.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts belum bisa berkomentar panjang lebar mengenai keputusan PSSI, yang menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sebagai informasi, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan telah memberikan arahan langsung ke PT Liga Indonesia Baru (LIB). Arahan yang tertulis dalam surat PSSI yang bernomor 1038/UDN/606/III-2020 itu menjelaskan PSSI resmi menghentikan kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 hingga waktu yang tidak ditentukan.

Keputusan tersebut menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terkait penyebaran virus corona atau Covid-19 dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olah raga.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB sudah mengambil keputusan menghentikan sementara Liga 1 dan Liga 2 hingga dua pekan, sejak 16 Maret 2020.

Robert Alberts menuturkan, sejauh ini belum mendapat informasi resmi mengenai dihentikannya kompetisi Liga 1 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sehingga, pelatih asal Belanda ini belum bisa berbicara banyak.

Meski begitu, pelatih asal Belanda ini mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono mengenai masalah penyebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia.

"Belum ada informasi resmi soal itu. Kami bicara kepada Teddy sebelum latihan. Dan dalam surat resmi yang diterima pada 21 Maret adalah jadi pihak BNPB bahwa masa darurat bencana soal virus ini hingga 29 Mei. Tapi belum ada informasi dari LIB dan PSSI," kata Robert Alberts, Minggu (22/03/2020).

Robert Alberts menambahkan, baru mendapatkan informasi dari manajamen, mengenai pertemuan perwakilan 8 klub yang akan membahas mengenai rencana kompetisi Liga 1 ke depannya.

"Jadi pagi ini ada 8 klub melakukan pertemuan dan nantinya akan ada satu jawaban soal bagaimana liga ke depan," jelasnya.

Sementara itu, skuat Persib tetap menggelar latihan, meskipun kompetisi Liga 1 sedang dihentikan karena wabah virus corona. Program tersebut tetap dijalankan, agar pemain Maung Bandung tetap bugar dan tidak merasa jenuh.