Bola Internasional

Bundesliga Jerman Dimulai Kembali Paling Cepat Bulan Mei

Rabu, 25 Maret 2020 13:15 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Isman Fadil
© bundesliga.de
DFL mengumumkan perkembangan terbaru penangguhan liga terkait masih belum meredanya pandemi corona Copyright: © bundesliga.de
DFL mengumumkan perkembangan terbaru penangguhan liga terkait masih belum meredanya pandemi corona

INDOSPORT.COM – Manajemen Liga Sepakbola Jerman (DFL), badan yang mengatur penyelenggaraan Bundesliga, mengumumkan perkembangan terbaru penangguhan liga terkait masih belum meredanya pandemi corona.

Sebelumnya, beberapa pekan lalu DFL memutuskan untuk menghentikan sementara kompetisi Bundesliga Jerman hingga tanggal 2 April. Hal ini menyusul langkah yang telah diambil sejumlah liga lain seperti Liga Inggris.

Namun, perkembangan terbaru pandemi corona memaksa DFL mengeluarkan keputusan baru, Rabu (25/03/20) lalu. DFL menyebut berdasarkan perkembangan pandemi saat ini, penghentian kompetisi akan diperpanjang sampai bulan April. Dengan demikian, Bundesliga Jerman baru bisa digelar kembali paling cepat pada bulan Mei 2020.

Dalam pernyataan resminya, DFL menyebut keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan berbagai skenario dan faktor eksternal, khususnya penyebaran virus dan perkembangan situasi terakhir termasuk dari sudut pandang politik.

“Berdasarkan latar belakang yang ada, Presidium merekomendasikan perpanjangan penangguhan pertandingan pada Bundesliga dan Bundesliga 2 hingga setidaknya 30 April,” kata pernyataan resmi DFL.

DFL juga berencana untuk memenuhi harapan UEFA agar dapat merampungkan penyelenggaran liga musim ini sebelum tanggal 30 Juni untuk menghindari munculnya masalah-masalah lanjutan. Namun, skenario itu juga membuka peluang digelarnya pertandingan secara tertutup, tanpa penonton.

“Mempertimbangkan situasi sejumlah klub dan tanggung jawab terhadap industri dengan 56.000 karyawan langsung maupun tidak langsung, kami secara bulat bertekad menyelesaikan kompetisi sebelum 30 Juni, jika memungkinkan secara hukum dan kesehatan.”

“Terkait hal tersebut, DFL kini sedang bekerja intensif untuk menyiapkan konsep menggelar pertandingan pada jangka waktu tersebut bahkan tanpa kehadiran penonton di stadion dan dengan jumlah pekerja minimal di sektor keolahragaan, umum, dan media.”

Saat kompetisi dihentikan, perebutan puncak klasemen Bundesliga tengah berjalan ketat dengan masih berpeluangnya 4 klub untuk menjadi juara. Bayern Munchen yang memimpin klasemen sementara dengan 55 poin dibuntuti ketat oleh Dortmund di posisi kedua dengan 51 poin, RB Leipzig di posisi ketiga dengan 50 poin, dan Monchengladbach di peringkat keempat dengan 49 poin.

Jerman sendiri merupakan negara dengan jumlah kasus positif corona tertinggi ketiga di Eropa dengan 31.370 kasus. Dari jumlah itu, 133 korban dinyatakan meninggal.