Liga Indonesia

Usia Pemain Sepak Bola, Kiper Bali United Bicara Buffon hingga Cristian Gonzales

Jumat, 27 Maret 2020 18:18 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Arum Kusuma Dewi
© baliutd.com
Kiper Bali United, Wawan Hendrawan. Copyright: © baliutd.com
Kiper Bali United, Wawan Hendrawan.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Bali United, Wawan Hendrawan belum berpikir pensiun meski kini sudah berusia 37 tahun. Bagi pemain asal Brebes ini, tak ada batasan pasti soal usia seorang pesepakbola. 

Gianluigi Buffon menjadi salah satu contoh usia bukan penghalang beraksi di lapangan. Dengan usia sudah 42 tahun, Buffon masih jadi bagian tim Juventus. Bahkan ada sinyal kontraknya akan diperpanjang.

Selain Buffon, ada pula Cristian Gonzales. Penyerang naturalisasi asal Uruguay ini belum berencana pensiun meski sudah 43 tahun. Bagi Wawan, kebugaran seorang pemain tak bergantung angka.

"Ada beberapa contoh seperti Buffon sampai 42. Bahkan di Indonesia ada Cristian Gonzales, sudah 40 lebih. Apalagi posisi kiper itu berbeda dengan yang di depan."

"Justru saya pribadi, yang saya rasakan, dengan bertambahnya usia, kita lebih tenang, lebih kontrol emosi dalam pertandingan," ucap Wawan dalam sesi wawancara dengan Bali United TV, Kamis (26/03/20).

Penjaga gawang, bagi Wawan, tak terlalu menguras fisik. Pasalnya, areanya hanya di sekitar kotak penalti. Terpenting, pemain di bawah mistar wajib punya ketenangan, kedewasaan dalam bermain serta jam terbang.

"Saya sudah buktikan sendiri. Dengan umur sekian, saya merasa lebih tenang. Alhamdulillah bisa sampai sejauh ini dengan usia sekarang," tutur Wawan.

Wawan tak tergantikan selama empat musim berseragam Bali United. Bahkan musim ini saat Bali United kedatangan Nadeo Argawinata, Wawan masih dipercaya turun dalam laga di Liga 1 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%