Bola Internasional

Postur Tubuhnya Tinggi, Pujian Jack Brown untuk Elkan Baggott

Senin, 30 Maret 2020 15:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan, Yosef Bayu Anangga | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Peluang bergabungnya pesepak bola muda Elkan Balggott ke Timnas Indonesia ditanggapi oleh sesama wonderkid yang berkarier di Inggris, Jack Brown. 

Elkan Balggott sendiri kini tengah menjadi rebutan Indonesia dan Thailand. Pemuda 17 tahun itu diketahui berdarah Indonesia karena ibunya memang merupakan orang Indonesia, sedangkan ayahnya berasal dari Inggris.

Namun, Thailand menyebut Elkan juga berhak membela tim Gajah Putih tersebut karena dilahirkan di Thailand.

Potensi bergabungnya Elkan ke Timnas Indonesia pun ditanggapi oleh sesama pemain muda berdarah Indonesia-Inggris, Jack Brown, yang kini membela Lincoln City.

Meski belum pernah bertemu langsung karena berbeda liga, Jack sangat mendukung jika Elkan segera dinaturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Menurut Jack, kehadiran Elkan akan berdampak bagus untuk Timnas karena postur tubuhnya yang tinggi besar, yang akan sangat mendukung posisinya sebagai bek tengah.

Ia juga menyebut Elkan Balggott sebagai pemain yang bagus dan potensial karena berhasil menembus akademi kelas 1 di Liga Inggris, dan memiliki level yang sama dengannya.

Seperti diketahui, lini belakang Timnas Indonesia dinilai sangat buruk setelah hancur lebur dalam lima laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, dengan catatan kebobolan 16 gol, yang artinya selalu kebobolan setidaknya 3 gol setiap pertandingan.

Kehadiran Elkan yang bertinggi 194 sentimeter diharapkan akan mampu mempertebal lini belakang, sekaligus membantu mengatasi bola-bola atas yang selama ini memang menjadi kelemahan tim Merah-Putih.

Apalagi, meski baru berusia 17 tahun, Elkan dinilai memiliki penampilan yang tenang saat menggalang lini pertahanan. Pelatihnya di Ipswich Town bahkan tak segan-segan melontarkan pujian kepada pemainnya itu.  

“Elkan memiliki fisik yang bagus. Dia tenang dalam menguasai bola tetapi tidak takut untuk mempertahankan area saat diperlukan. Dia kuat dan dinamis. Dia berkembang sepanjang waktu sebagai bek,” ujar pelatih Ipswich U-18, Adam Atey, seperti dilansir East Anglian.

Elkan Baggott sendiri telah menyampaikan ketertarikannya membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 yang akan digelar tahun depan.

Ia lebih menyukai bergabung dengan Timnas Indonesia lantaran di Indonesia lah keluarganya berasal dan ia ingin membawa harum tanah kelahiran keluarganya.