Liga Inggris

Bukan Van Dijk atau Trio Firmansah, Ini Pemain Liverpool yang Pantas Jadi Terbaik di Liga Inggris

Selasa, 31 Maret 2020 21:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Mohamed Salah merayakan golnya bersama Jordan Henderson dan Roberto Firmino di laga West Ham vs Liverpool Copyright: © Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Mohamed Salah merayakan golnya bersama Jordan Henderson dan Roberto Firmino di laga West Ham vs Liverpool

INDOSPORT.COM – Bintang Liverpool, Jordan Henderson, layak dijadikan pemain terbaik Liga Inggris musim ini setelah sang pemain menunjukkan sisi kepemimpinannya di Anfield.

Dilansir dari Sky Sports, Henderson diyakini mampu menorehkan gelar pribadi di ajang Liga Inggris akhir musim 2019-2020 kali ini. Hal ini tak lepas dari karismanya sebagai kapten yang mampu menyemangati rekan satu timnya.

Tidak hanya dilihat dari penampilannya di lapangan, peran integral Henderson sangat dirasakan saat dirinya harus absen akibat cedera hamstring pada akhir Februari hingga awal aMaret lalu.

Selama ditinggal Henderson, Liverpool yang tak terkalahkan di Liga Inggris harus takluk di tangan Watford. Selain itu, tim asuha Jurgen Klopp itu tersingkir dari Piala FA usai dikalahkan Chelsea.

Henderson difavoritkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris musim ini bukan hanya jiwa kepemimpinanya di Liverpool, namun juga daya tahannya ketika selama bertahun-tahun dia harus menelan kritikan banyak orang.

Kritikan itu berawal dari kedatangan Henderson ke Liverpool dari Sunderland pada tahun 2011 senilai 16 juta pounds atau Rp323 miliar. Kiprahnya sebagai bintang muda Sunderland jadi alasan The Reds tertarik meminangnya.

Transfer Henderson kala itu membuat mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson mengernyitkan dahi lantaran Liverpool mau mengucurkan dana besar demi merekrut Henderson.

Gelandang 29 tahun itu mengalami masa –masa sulit pada awal musimnya di Anfield. Saat klub masih diambil alih Kenny Dalglish, dia banyak dikritik karena membuat lebih banyak penampilan daripada pemain lain.

Ketika Brendan Rodgers datang menggantikan Dalglish, nasibnya pun di ambang kehancuran. Kala itu Rodgers menawari Henderson ke Fulham sebagai alat tukar untuk mendatangkan Clint Dempsey.

Namun, Henderson memilih bertahan. Seiring berjalannya waktu, Henderson pun mendapat kepercayaan dari Rodgers. Dia ditunjuk sebagai kapten untuk pertama kalinya pada Juni 2015 menggantian tempat Steven Gerrard.

Sosoknya tetap dipercaya mengambil peran sebagai kapten sampai klub saat ini dipegang Jurgen Klopp. Kepemimpinannya membantu tim memenangkan Liga Champions dan membawa tim finish runnerup Liga Inggris musim lalu.