Bola Internasional

Dari Rooney Sampai Maradona, 4 Lelucon April Mop yang Pernah Gemparkan Jagat Sepak Bola

Rabu, 1 April 2020 18:57 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Tanggal 1 April selalu diperingati dengan perayaan April Mop, yang merupakan hari di mana seseorang boleh menyampaikan kabar palsu atau kabar bohong. Copyright: © INDOSPORT
Tanggal 1 April selalu diperingati dengan perayaan April Mop, yang merupakan hari di mana seseorang boleh menyampaikan kabar palsu atau kabar bohong.

INDOSPORT.COM – Tanggal 1 April selalu diperingati dengan perayaan April Mop, yang merupakan hari di mana seseorang boleh menyampaikan kabar palsu atau kabar bohong kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Tentunya, penyebaran kabar palsu ini bukan untuk menimbulkan kepanikan, ketakutan, atau bahkan provokasi, melainkan hanya sebagai lelucon iseng yang menghibur.

Rupanya, kebiasaan ini bahkan sampai menyentuh ke dunia sepak bola hingga ke level tertinggi. Tercatat beberapa kali media-media ternama di kancah sepak bola dunia menyebarkan berbagai berita palsu untuk turut meramaikan April Mop.

Pada April Mop tahun ini yang berada di tengah-tengah pandemi Corona yang mengkhawatirkan, redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum empat kejadian April Mop menggegerkan di dunia sepak bola yang semoga dapat menghibur Anda.

Duel Sao Paulo vs AC Milan

Pada dekade 50-an, tepatnya tanggal 1 April 1951, penyiar Geraldo Jose de Almeida melaporkan pertandingan langsung Sao Paulo vs AC Milan lewat siaran radio Panamerican.

Pertandingan tersebut dikabarkan digelar dalam rangkaian uji coba Sao Paolo ke Eropa. Geraldo juga melengkapi siarannya dengan efek suara suporter, sehingga seakan-akan ia benar-benar berada di stadion.

Namun kemudian terungkap bahwa Sao Paulo tak pernah melangsungkan uji coba melawan AC Milan dan Geraldo hanya melakukan siaran palsu dari garasi. Radio Panamerican mendapatkan banyak kecaman dari publik Brasil.

Transfer Diego Maradona ke Spartak Moskow

Pada 1 April 1988, publik sepak bola Eropa dikejutkan dengan kabar transfer megabintang Diego Maradona dari Napoli ke Spartak Moskow.

Isu itu semakin mengejutkan karena  kapten Timnas Argentina itu didatangkan Spartak Moskow dengan nilai transfer enam juta dolar atau sekitar Rp85 miliar, jumlah yang sangat fantastis untuk sepak bola Eropa kala itu. Belakangan berita transfer tersebut terbukti hanya merupakan lelucon April Mop.

Lady Gaga Membeli Parma

Pada tahun 2015, sebuah kabar menggemparkan muncul ketika penyanyi Lady Gaga disebut-sebut telah membeli klub Parma yang tengah di ambang kebangkrutan.

Lady Gaga disebut tersentuh oleh besarnya rasa cinta warga lokal terhadap klub tersebut. Namun pada akhirnya terungkap bahwa itu hanyalah kabar palsu yang dihembuskan media setempat untuk meramaikan April Mop.

Tato YNWA Wayne Rooney 

April Mop juga menggemparkan sepak bola inggris pada tahun 2015. Tak tanggung-tanggung, ketika itu Wayne Rooney yang masih membela Manchester United dikabarkan memiliki tato Liverbird lengkap dengan tulisan YNWA, yang identik dengan rival Setan Merah, Liverpool.

Kabar yang awalnya dimuat di Daily Star itu bahkan disertai foto Rooney lengkap dengan tato tersebut di lengan kanannya. Namun kabar tersebut belakangan terbukti palsu dan hanya bualan April Mop.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%