Liga Indonesia

Perbandingan Nilai Transfer Skuat Persija dengan Klub Sinjo Leninduan

Rabu, 1 April 2020 17:27 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Melongok perbandingan nilai transfer skuat jawara Liga 1 2018 Persija Jakarta dengan klub pemain Belanda keturunan Indonesia Sinjo Leninduan, NEC Nijmegen. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Melongok perbandingan nilai transfer skuat jawara Liga 1 2018 Persija Jakarta dengan klub pemain Belanda keturunan Indonesia Sinjo Leninduan, NEC Nijmegen.

INDOSPORT.COM - Melongok perbandingan nilai transfer skuat jawara Liga 1 2018 Persija Jakarta dengan klub pemain Belanda keturunan Indonesia Sinjo Leninduan, NEC Nijmegen.

Kabar baik datang lagi untuk dunia sepak bola Tanah Air. Pasalnya, ada pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah Indonesia dalam sosok Sinjo Leninduan.

Catatan tersebut tercantum jelas dalam laman statistik pemani Transfermarkt, dengan status dua bendera, yakni Belanda dan Indonesia.

Sumber lain juga menegaskan kalau Sinjo merupakan keturunan Indonesia ketika ditayangakn akun YouTube Macian Zero Art, 18 Mei 2019 lalu.

Dalam video tersebut mengungkanpkan kalau Sinjo memiliki darah Maluku. Namun, belum diketahui secara pasti darah Indonesia yang didapat Sinjo berasal dari pihak ayah atau ibu.

Sinjo memulai petualangannya di dunia sepak bola dengan bergabung di akademi Achilies Youth. Bakat Sinjo sebagai winger cukup mumpuni dikelasnya.

Hingga, bakat Sinjo membuat klub asal Belanda NEC Nijmegen tertarik. Akhirnya, pada 2018, Sinjo berhasil didaratkan ke NEC Nijmegen.

Pada awal 2019-20, Sinjo dipromosikan ke NEC Nijmegen U-17. Total sudah empat laga dan mengemas satu gol yang dibuat Sinjo sejauh ini.

Fakta Sinjo memiliki darah Maluku membuat dunia sepak bola Indonesia bisa diuntungkan pada masa depan nanti, jika dilakukan naturalisasi.

© Grafis:Frmn/Indosport.com
Sinjo Leninduan. Copyright: Grafis:Frmn/Indosport.comSinjo Leninduan, pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah Indonesia.

Sebab, talenta Sinjo yang ditempa di kawasan Eropa dapat berguna sekali untuk menjadi salah satu bintang Timnas Indonesia mendatang.

Kendati demikian ada hal menarik yang bisa ditelisik bersama oleh para penggemar sepak bola akan kiprah Sinjo Leninduan selama ini.

Ialah perbandingan nilai transfer (market value) klub yang dibela Sinjo Leninduan, NEC Nijmegen dengan skuat jawara Liga 1 2018 Persija Jakarta.

Berdasarkan situs catatan statistik Transfermarkt kalau NEC Nijmegen memiliki nilai total transfer skuat musim ini hingga Rp110 miliar (6,33 juta Euro).

Sedangkan untuk pemain termahal yang dimiliki NEC Nijmegen ialah Zian Flemming, yang mencapai Rp13 miliar (750 ribu Euro) per 17 Januari 2020.

Sementara itu, harga pasar skuat jawara Liga 1 2018 Persija Jakarta musim ini menembus angka Rp83,6 miliar (sekitar 4,78 juta Euro).

Untuk pemain termahal jatuh ke striker asal Kroasia, Marko Simic, yang memiliki market value mencapai Rp9,6 miliar (550 ribu Euro) per 27 Desember 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%