Bola Internasional

Jaami Qureshi, Wonderkid Berdarah Malaysia yang Pernah Buat Chelsea Kepincut

Sabtu, 4 April 2020 20:54 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© bharian.com
Jaami Qureshi, Pemain muda keturunan Malaysia yang curi hati Chelsea. Copyright: © bharian.com
Jaami Qureshi, Pemain muda keturunan Malaysia yang curi hati Chelsea.

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Jaami Qureshi, salah satu wonderkid berdarah Malaysia yang pernah membuat tim besar Liga Inggris, Chelsea kepincut mendatangkannya.

Setelah sempat heboh kabar Jim Croque, wonderkid Indonesia berdarah Jawa yang berhasil mentas di Liga Belanda, kini jagat sepak bola kawasan ASEAN kembali diramaikan dengan kiprah pemain muda Malaysia di Eropa.

Jim Croque sendiri merupakan pemain tim akademi Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem, dan mengaku memiliki darah Jawa dalam tubuhnya. Dirinya mengaku jika memiliki garis keturunan Indonesia yang dari orang tua ayahnya, yang merupakan orang Jawa asli.

"Kakek nenek saya berasal dari Jawa, jadi ayah saya 100 persen memiliki darah Indonesia," ucap Jim Croque kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Dengan usia yang masih sangat muda dan telah bermain di kompetisi Eropa, membuat nama Jim Croque digadang-gadang mampu menjadi tumpuan baru Timnas Indonesia dan juga ikon baru sepak bola ASEAN andai ia memilih sebagai WNI.

Tidak cuma Jim Croque, masih ada satu pemain muda asal ASEAN lain yang juga digadang-gadang bakal menjadi superstar masa depan, bahkan karirnya sempat diperebutkan dua tim besar Liga Inggris.

Adalah Jaami Qureshi, pemain berusia 15 tahun yang memiliki darah Malaysia tersebut tengah menjadi perbincangan hangat berbagai media olahraga Negeri Jiran.

Sebab pemain dari akademi Brighton & Hove Albion ini, digadang-gadang bakal memperkuat Timnas Malaysia U17 dan U19 dalam beberapa turnamen akan datang.

Bahkan pihak federasi sepak bola Malaysia (FAM) dikabarkan telah menghubungi ayah Jaami Qureshi, dan berupaya melakukan pertemuan untuk membahas karier sang anak bersama skuad Harimau Malaya.

”Stuart Ramalingam (Sekjen FAM) sudah meminta kami untuk berjumpa dengannya dan juga ketuanya. Kami akan coba mengadakan pertemuan dengan mereka,” ujar Perviz, ayah Jaami Qureshi dikutip laman bharian.com.

TIdak cuma federasi sepak bola Malaysia, pelatih Timnas U17 mereka pun sempat meminta sang pemain ikut berlatih bersama skuat muda Harimau Malaya. Namun undangan tersebut ditolak lantaran jarak pemusatan latihan yang jauh.

”Lim Teong Kim pernah beberapa kali menawari Jaami menjalani latihan bersama timnas U-17 Malaysia. Namun, kami menolak karena kami berdomisili di Kuala Lumpur dan pusat latihan itu pula berada di Pahang,” tambahnya.

Nama Jaami Qureshi sendiri bukan sosok sembarangan di sepak bola Inggris, bahkan laman mirror memasukkan dirinya sebagai salah satu pemain muda berbakat dan memiliki masa depan cerah.

Dari laman yang sama, dikabarkan pula jika Jaami sedang dipantau oleh dua klub raksasa Liga Premier Inggris, Chelsea dan Manchester City. Ketertarikan City dan Chelsea kepada Jaami sudah sejak ketika ia berusia 11 tahun.

Jaami Qureshi sendiri memang diketahui memiliki darah keturunan Malaysia, yang didapatkan dari sang Ibu sementara ayahnya merupakan warga asli Wales.

Andai Jaami Qureshi resmi memperkuat Timnas Malaysia, menarik dinanti duel Indonesia kontra Malaysia lantaran kedua tim bakal sama-sama menampilkan pemain muda bercita rasa Eropa. Malaysia dengan Jaami Qureshi, sementara Indonesia bersama Jim Croque. Kira-kira siapa yang akan unggul?