Bola Internasional

Beda dengan Yanto Basna, Eks Wonderkid AC Milan Gabung Kasta Bawah Thailand

Senin, 6 April 2020 20:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Eks wonderkid AC Milan kini main di kasta kedua Liga Thailand. Copyright: © Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Eks wonderkid AC Milan kini main di kasta kedua Liga Thailand.

INDOSPORT.COM – Pernah menikmati masa bersinar di AC Milan, striker asal Ghana Dominic Adiyiah memiliki nasib berbeda dengan eks bintang Persib, Yanto Basna. Keduanya saat ini sama-sama merumput di klub Liga Thailand.

Dominic Adiyiah pernah membawa Ghana menjadi juara di ajang Piala Dunia U-20 2009. Kala itu dia meraih gelar top skor turnamen dengan mencetak 8 gol sekaligus pemain terbaik Piala Dunia U-20.

Pencapaiannya itu membuatnya dinobatkan sebagai wonderkid yang bakal bersinar di masa depan. Hingga akhirnya AC Milan mengenali potensinya dan resmi merekrut Adiyiah pada November 2009.

Sayang sekali, striker kelahiran 29 November 1989 tidak pernah mendapatkan kesempatan bermain bersama skuat utama AC Milan.

Sempat dipinjamkan oleh AC Milan dan berpindah di dua klub di Asia, Adiyiah pun akhirnya mendarat ke klub divisi dua Liga Thailand, Sisaket FC, pada 2018.

Namun tidak sampai satu tahun, Adiyiah kemudian pindah lagi ke klub divisi dua Liga Thailand lainnya, yakni Chiangmai United.

Melihat perjalanan kariernya yang berakhir tragis itu, nasib Adiyiah tentunya tidak semujur bintang timnas Indonesia, Yanto Basna, yang saat ini juga merumput di Negeri Gajah Putih tersebut.

Yanto Basna yang mengawali karier profesionalnya di Mitra Kukar itu memiliki perjalanan yang mulus hingga akhirnya dia dilirik oleh klub kasta tertinggi Liga Thailand, Prachuap FC pada awal 2020.

Prachuap FC akan menjadi klub ketiga Yanto Basna sepanjang kariernya di Liga Thaland (Thai League). Sebelumnya dia pernah memperkuat klub kasta kedua Khon Kaen FC, setahun berselang dia tampil untuk Sukothai FC.  

Prachuap FC bukanlah klub sembarangan di Thailand. Walau baru dibentuk pada tahun 2009, namun skuat berjuluk The Killer Wasp ini berhasil meraih gelar juara di ajang Piala Liga musim lalu.

Berkaca pada kariernya di Liga Thailand selama tiga musim dia kini diperhitungkan di Liga Thailand, Tak heran jika kini dia termasuk dalam 11 pemain terbaik ASEAN di Liga Thailand.