Liga Spanyol

Bukan Potong Gaji, Real Madrid Pilih Lepas 4 Pemainnya untuk Atasi Krisis Keuangan

Senin, 6 April 2020 16:21 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, memilih melepas 4 pemainnya ketimbang menerapkan pemotongan gaji demi atasi krisis keuangan gara-gara corona. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, memilih melepas 4 pemainnya ketimbang menerapkan pemotongan gaji demi atasi krisis keuangan gara-gara corona.

INDOSPORT.COM – Klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, memilih melepas 4 pemainnya ketimbang menerapkan pemotongan gaji demi atasi krisis keuangan gara-gara corona.

Tak hanya membuat sejumlah liga-liga top sepak bola dihentikan, pandemi corona yang kini tengah terjadi juga membuat klub-klub papan atas Eropa terancam mengalami krisis keuangan.

Penghentian kompetisi akibat pandemi corona rupanya tidak hanya membuat klub dan para bintang mereka tak bisa bertanding. Dengan tidak adanya pertandingan, klub kini terancam mengalami krisis keuangan karena kehilangan banyak pemasukan dari tiket penonton dan dana hak siar.

Ancaman krisis tersebut bahkan telah membuat klub sekelas Barcelona melakukan tindakan ekstrem dengan memotong gaji para pemainnya untuk melakukan penghematan. Langkah tersebut bahkan telah diikuti oleh Atletico Madrid.

Namun, dilansir media Spanyol, As, Real Madrid menolak mengikuti langkah yang ditetapkan oleh kedua rivalnya tersebut. Demi mengurangi beban gaji yang memberati pihak klub ketika krisis keuangan mengancam, alih-alih memotong gaji Los Blancos justru lebih memilih untuk melepas 4 bintangnya.

Nama pertama yang akan dilepas Madrid untuk mengurangi beban gaji mereka adalah Gareth Bale. Bintang asal Wales ini adalah pemain dengan gaji termahal di skuat dan ironisnya sedang ditepikan oleh manajer Zinedine Zidane.

Nama kedua yang berada di daftar jual Madrid adalah James Rodriguez yang mengalami situasi yang sama dengan Bale. Rodriguez juga tersingkir dari skuat utama Madrid sejak kembali dari masa peminjamannya di Real Madrid musim panas lalu.

Sementara itu, pemain ketiga dan keempat yang terancam didepak adalah Mariano Diaz dan Brahim Diaz. Mariano telah membuat Madrid mengeluarkan 8 juta euro musim ini meski sang penyerang baru bermain 65 menit sepanjang musim ini. Sementara itu, Brahim menerima 7 juta euro hanya dengan bermain 170 menit.

Melepas keempat pemain tersebut dipredksi akan membuat Madrid menghemat hingga lebih dari 70 juta euro (sekitar 1,2 triliun rupiah). Jumlah itu tentu sangat berharga untuk menghadapi krisis yang mengancam di depan mata.

Meski demikian, dengan mengambil keputusan itu berarti Real Madrid harus menunggu akhir musim untuk melakukan penghematan alih-alih melakukannya sejak sekarang. Madrid sendiri musim ini telah menghabiskan 284 juta euro (sekitar 5 triliun rupiah) untuk membayar gaji para bintangnya.