Liga Italia

Pernah Dipecat AC Milan, Sejumlah Pelatih Eropa Ini Jadi Pengangguran

Senin, 6 April 2020 18:20 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter @acmilan
Sejumlah pelatih daratan Eropa ini masih jadi pengangguran usai pernah dipecat jawara Liga Champions tujuh kali, AC Milan. Copyright: © Twitter @acmilan
Sejumlah pelatih daratan Eropa ini masih jadi pengangguran usai pernah dipecat jawara Liga Champions tujuh kali, AC Milan.

INDOSPORT.COM - Sejumlah pelatih daratan Eropa ini masih jadi pengangguran usai pernah dipecat jawara Liga Champions tujuh kali, AC Milan.

Dalam beberapa tahun terakhir, salah satu peserta Liga Italia (Serie A), yakni AC Milan tengah kesulitan dalam mendapatkan pelatih yang pas.

Pasalnya, setelah era Carlo Ancelotti beserta para pemain andalannya, AC Milan jatuh dalam keterpurukan yang cukup dalam sejauh ini.

Bahkan AC Milan beberapa kali ganti pemilik hingga pemain-pemain berkelas yang didatangkan tak kunjung membuahkan hasil bagus.

Sejumlah pelatih yang ditunjuk pun masih belum bisa mengangkat prestasi AC Milan, baik di kancah domestik ataupun internasional.

Bahkan legenda pun turut dipercaya menakhodai AC Milan. Namun para pelatih yang cukup mumpuni ini berakhir dengan pemecatan oleh manajemen AC Milan.

Ada sejumlah pelatih daratan Eropa yang tak kunjung memiliki klub baru pasca dilepas AC Milan. Lantas siapa saja juru taktik yang dimaksudkan?

1. Clarence Seedorf

© dailymail.co.uk
Clarence Seedorf bersiap menyambut bola. Copyright: dailymail.co.ukClarence Seedorf bersiap menyambut bola.

Usai pensiun sejak 14 Januari 2014 silam, pelatih asal Belanda-Suriname Clarence Seedorf tiba-tiba saja ditunjuk menjadi kepala pelatih AC Milan.

Seedorf menangani AC Milan sejak 19 Januari hingga 18 Mei 2014 saja. Dirinya memainkan 22 pertandingan di semua ajang dengan rincian 11 menang, dua seri, dan sembilan kalah.

Pada musim 2013-14, AC Milan dibawa Seedorf finis di posisi tujuh dengan mengoleksi 57 poin saja. Sang legenda pun tak diperpanjang kontraknya.

Usai menukangi AC Milan, Seedorf sempat melatih Shenzhen FC (China), Deportivo La Coruna (Spanyol), Timnas Kamerun, dan kini tengah menganggur.

2. Vincenzo Montella

© INDOSPORT
Vincenzo Montella, pelatih AC Milan. Copyright: INDOSPORTVincenzo Montella, pelatih AC Milan.

Berikutnya ada legenda AS Roma Vincenzo Montella yang sempat menukangi AC Mila selama semusim penuh, tepatnya edisi 2016-17 silam.

Pelatih berlisensi UEFA Pro ini turut melakoni 64 pertandingan dengan 33 kemenangan, 13 imbang, serta 18 kekalahan dengan memasukan 107 gol dan kebobolan 74 kali.

Montella turut mengantarkan AC Milan merengkuh gelar juara Supercoppa Italia usai menaklukan Juventus lewat babak adu penalti (5-4).

Namun nasibnya di AC Milan berakhir kurang mengenakan kala dilepas manajemen. Lalu Montella sempat menukangi Sevilla (Spanyol), Fiorentina (Italia), dan kini menganggur.

3. Marco Giampaolo

© acmilan.com
Marco Giampaolo baru saja dipecat oleh AC Milan, pada hari Rabu (09/10/19) dini hari WIB. Copyright: acmilan.comMarco Giampaolo baru saja dipecat oleh AC Milan, pada hari Rabu (09/10/19) dini hari WIB.

Terakhir ada pelatih berusia 54 tahun berpaspor Swiss-Italia Marco Giampaolo yang juga pernah membesut AC Milan pada awal 2019-20.

Akan tetapi dirinya dipecat manajemen AC Milan usai hanya memainkan tujuh pertandingan saja dengan tiga kali menang serta menelan empat kekalahan.

Setelah dipecat AC Milan, Marco Giampaolo sampai saat ini belum memiliki klub baru yang ingin memakai jasanya. Perjalanannya di AC Milan disebut sangat singkat sepanjang karier Giampaolo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%