Liga Indonesia

Teco Bongkar Alasan Pemain Asal Brasil Gemar Jelajahi Dunia

Sabtu, 11 April 2020 19:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco mengungkapkan penyebab utama pemain asal Brasil cenderung suka merantau ke luar negaranya. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco mengungkapkan penyebab utama pemain asal Brasil cenderung suka merantau ke luar negaranya.

INDOSPORT.COM - Tak terbantahkan lagi jika pemain Brasil benar-benar menguasai lima benua. Hampir di setiap negara, terselip pemain Brasil yang biasanya mencuri perhatian. Melancong sudah menjadi kegemaran, sekaligus kewajiban pemain Brasil.

Brasil merupakan negara dengan jumlah penduduk cukup besar. Sebagian besar anak laki-laki menjadikan sepak bola sebagai cita-cita. Bermain di Eropa tentu saja menjadi yang utama. Namun jika tidak, mereka berharap gabung tim besar di negaranya.

Namun, bukan persoalan mudah mencuri hati Palmeiras, Santos maupun Sao Paulo. Pasalnya, jumlah pemain berkualitas di Brasil sangat banyak.

Untuk itulah, jika ingin berkembang, melancong jadi sebuah kewajiban. Fakta ini dibocorkan pelatih asal Brasil, Stefano Cugurra Teco. Nahkoda tim Bali United ini tak heran ketika sekarang pemain Brazil benar-benar tersebar ke banyak negara.

"Brasil merupakan negara dengan banyak orang, banyak pemain. Ada pemain bagus tidak bisa masuk atau tidak bisa bertahan lama di klub besar di Brasil. Makanya, banyak pemain main di luar negara dari pada main di klub kecil di Brazil," ucap Teco, Sabtu (11/4/20).

Di Indonesia, pemain Brasil paling dominan. Terdapat 26 pemain yang tersebar ke tim-tim Liga 1 2020. Di Bali United, Teco membawa Willian Pacheco yang kini jadi salah satu bek termahal di Indonesia.

Teco pun pernah membawa Renan Silva ke Indonesia, pada 2018 lalu saat di Persija. Kini, Renan menjadi salah satu gelandang termahal di Indonesia. Dia jadi bagian tim Bhayangkara FC.