Liga Inggris

5 Klub Promosi Liga Inggris yang Mampu Tampil Penuh Kejutan, Siapa Saja?

Rabu, 15 April 2020 16:05 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Indra Citra Sena
© Sheffield United
Sheffield United adalah salah satu tim promosi yang bisa tampil mengejutkan di musim pertamanya. Copyright: © Sheffield United
Sheffield United adalah salah satu tim promosi yang bisa tampil mengejutkan di musim pertamanya.

INDOSPORT.COM - Liga Inggris merupakan salah satu liga yang dikenal kurang ramah untuk klub promosi. Beberapa jebolan Divisi Championship (kasta kedua Liga Inggris) harus rela terdegradasi di musim depannya.

Namun, ada beberapa klub yang menjadi anomali dan berhasil tampil mengejutkan meski menyandang status sebagai tim promosi.

Dilansir Sportskeeda, berikut lima tim promosi di Liga Inggris yang berhasil tampil mengejutkan di musim pertamanya menjejak kasta tertinggi.

Newcastle United (1993/94)

Berhasil promosi ke Liga Inggris 1992/93 dengan menyandang status juara divisi Champhionship, Newcastle United langsung menggebrak di musim pertamanya di Liga Inggris.

Pasukan Kevin Keegan berhasil merangsek ke papan atas Liga Inggris dan menjadi salah satu tim paling menghibur di musim tersebut.

The Magpies tercatat sukses mencatatkan 82 gol sepanjang musim tersebut dan berhasil mengakhiri musim di peringkat ketiga. Catatan 82 gol tersebut bahkan membuat mereka menjadi klub paling subur di Liga Inggris musim itu.

Nottingham Forest (1994/95)

Nottingham Forest berhasil mencatatkan 11 laga tanpa kekalahan dan sukses mengakhiri musim dengan hanya kalah sebanyak sembilan kali. Catatan impresif tersebut mereka buat di musim pertamanya di Liga Inggris setelah berhasil promosi pada musim sebelumnya.

Forest juga sukses memukau dengan mengakhiri musim di peringkat ke-3. Berada di atas klub-klub yang lebih mumpuni seperti Newcastle United dan Leeds United.

Ipswich Town (2000/01)

Tak ada yang benar-benar menyangka Ipswich Town bisa tampil di Liga Inggris 2000/01. Pasalnya, mereka hanya mampu mengakhiri Divisi Championship 1999/00 di peringkat ketiga dan meraih tiket promosi melalui jalur play-off.

Ipswich benar-benar mengejutkan publik setelah hampir mengakhiri musim di peringkat ketiga. Namun, kekalahan atas Charlton Athletic pada saat itu membuat mereka mengakhiri musim di peringkat kelima, zona Piala UEFA. Hanya terpaut empat poin dari Arsenal (runner-up).

Wolverhampton Wanderers (2018/19)

Berisi nama-nama tenar seperti Ruben Neves, Diogo Jota, Rui Patricio, dan Raul Jimenez membuat Wolves menjadi salah satu kuda hitam di Liga Inggris pada musim itu.

Menyandang status sebagai tim promosi tak membuat mereka gentar. Beberapa tim tradisional Liga Inggris berhasil mereka kalahkan untuk bisa mengakhiri musim di zona Eropa.

Sheffield United (2019/20)

Sheffield United adalah tim yang disebut-sebut olah para pandit Liga Inggris sebagai tim yang hanya numpang lewat saja. Namun, prediksi tersebut salah besar.

Nyatanya, anak-anak asuhan Chris Wilder ini berhasil tampil sangat mengejutkan di Liga Inggris musim ini. Meskipun berisi pemain-pemain minim pengalaman, mereka bisa menampilkan permainan yang sangat atraktif.

Hanya kebobolan 25 gol sepanjang musim ini membuat mereka sementara ini berada di peringkat ketujuh klasemen sementara dan hanya terpaut lima poin dari zona Liga Champions.