Bola Internasional

Biarpun Non-Muslim, 3 Pesepak Bola Eropa Ini Enggan Tenggak Minuman Beralkohol

Rabu, 15 April 2020 18:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Terdapat tiga pesepak bola profesional asal Eropa berikut ini rupanya enggan menenggak minuman beralkohol biarpun seorang non-muslim.

Sepak bola dan minuman beralkohol tak bisa dilepaskan begitu saja. Dua hubungan ini sudah sangat melekat sejak zaman dahulu kala sepak bola dimainkan.

Tak jarang para pemain sepak bola pasca bertanding memilih untuk ke bar dan menenggak minuman beralkohol agar kembali rileks alias santai.

Ketika sebuah klub merayakan gelar juara juga minuman beralkohol kerap meramaikan. Para pemain turut meminum bir di lapangan stadion menghadap penonton.

Bahkan minuman beralkohol juga mulai menjadi sponsor klub hingga kompetisi sepak bola. Maka bisa disebut hubungan keduanya memang sangat erat.

Kendati begitu, pada era sekarang, dimana sudah banyak pemain sepak bola yang beragama islam atau seorang muslim mulai mendapat panggung karena permainannya yang apik.

Beberapa nama tenar seperti Mesut Ozil, Mohamed Salah, Sadio Mane, Skhodran Mustafi, Paul Pogba, N'Golo Kante, hingga Frank Ribery adalan pesepak bola muslim.

Mereka enggan menyentuh minuman beralkohol karena memang dilarang sesuai ajaran keyakinan yang dianut  para pesepak bola muslim (sejak lahir ataupun mualaf).

Meski demikian, ternyata ada pula pemain non-muslim yang enggan mencicipi minuman beralkohol dengan beragam alasan. Siapa saja kira-kira?

1. Harry Kane

© twitter.com/SpursOfficial
Selebrasi Harry Kane usai mencetak gol dalam laga Tottenham Hotspur vs Olympiakos di Liga Champions Eropa, Rabu (27/11/19). Copyright: twitter.com/SpursOfficialSelebrasi Harry Kane usai mencetak gol dalam laga Tottenham Hotspur vs Olympiakos di Liga Champions Eropa, Rabu (27/11/19).

Striker asal Inggris kepunyaan Tottenham Hotspur, Harry Kane, diketahui menjadi pesepak bola non-muslim Eropa yang enggan bersentuhan dengan minuman alkohol.

Kane mengaku lebih memilih cara lain dalam mengisi waktu luang kala jeda latihan ataupun kompetisi seperti mengajak hewan peliharaan jalan-jalan.

"Saya juga bermain golf. Saya juga lupa kapan ke kelab malam. Saya juga tak dibolehkan minum bir dan memilih coca-cola saja," kata Kane dikutip The Independent, 2017 lalu.

2. Gareth Bale

© Soccrates Images/GettyImages
Pemain bintang Real Madrid, Gareth Bale. Copyright: Soccrates Images/GettyImagesPemain bintang Real Madrid, Gareth Bale.

Selanjutnya ada pemain andalan Real Madrid kelahiran Wales, Gareth Bale, yang diketahui tak suka minuman beralkohol semasa hidupnya sebagai pemain sepak bola non-muslim.

"Bukan hanya saya tidak minum segelas bir. Tapi saya memang tak suka rasanya," papar Bale dinukil Marca, 2017 lalu.

Bukan tanpa alasan Bale enggan melakukan kegiatan tersebut. Pasalnya Bale hanya ingin memiliki tubuh yang sehat dalam menjalani karier di sepak bola.

3. Cristiano Ronaldo

© Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Cristiano Ronaldo di laga Serie A Liga Italia, SPAL vs Juventus. Copyright: Marco Canoniero/LightRocket via Getty ImagesCristiano Ronaldo di laga Serie A Liga Italia, SPAL vs Juventus.

Terakhir tentu saja megabintang Juventus asal Portugal, Cristiano Ronaldo, yang terang-terangan ogah mengonsumsi minuman beralkohol sepanjang hidupnya.

Ronaldo diketahui merupakan salah satu pesepak bola dunia yang melakukan pola hidup sehat. Hal itu dibuktikan dengan performanya di lapangan.

Selain itu Ronaldo juga memiliki kisah kelam di mana sang ayah tercinta meninggal dunia karena ketergantungan minuman beralkohol.

Selain ketiga pemain non-muslim tadi, kemungkinan ada beberapa pesepak bola Eropa yang turut enggan menyeruput minuman beralkohol.