In-depth

Profil Singkat Atletico Clube de Portugal, Klub Luis Miguel Sitohang

Selasa, 14 April 2020 19:04 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya untuk mengenal sedikit tentang profil Atletico Clube de Portugal, klub tempat wonderkid keturunan Indonesia Luis Miguel Sitohang bernaung.

Lagi-lagi publik sepak bola nasional kembali digemparkan oleh salah satu talenta berbakat yang memiliki darah Indonesia di level internasional.

Kali ini wonderkid asal Portugal bernama lengkap Luis Miguel Sitohanh diduga memiliki darah Indonesia yang mengalir di dalamnya.

Hal ini merujuk ke nama akhir sang pemain, yaitu Sitohang. Pasalnya kata tersebut merujuku ke salah satu nama marga milik masyarakat Batak, Medan.

Marga Sitohang berasal dari Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Diduga marga tersebut berasal dari sang ayah.

Meski begitu belum bisa dipastikan secara jelas. Namun redaksi INDOSPORT telah berusaha untuk menghubungi Luis Miguel Sitohang.

Luis Miguel Sitohang saat ini diketahui tengah bermain untuk Atletico Clube de Portugal, tepatnya tim U-19. Dirinya bisa jadi aset masa depan klub.

Menurut situs ZeroZero, Luis Miguel Sitohang telah membuat sembilan penampilan dengan mengemas satu gol di Kompetisi Junior A Divisao Portugal.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Miguel Sitohang (@miguelsitohang) on

Miguel Sitohang diketahui berposisi berposisi di lini tengah. Pemain 19 tahun ini bisa berperan sebagai gelandang sentral maupun serang dengan sama baiknya.

Meski begitu ada hal menarik yang bisa dicermati bersama akan kiprah Luis Miguel Sitohang bersama tim Atletico Clube de Portugal.

Awal Mula Berdiri

Atletico Clube de Portugal lahir setelah dua klub dari zona barat Lisbon, Carcavelinhos dan Uniao memutuskan untuk berkolaborasi pada 18 September 1942 silam.

Pada awal-awal Aletico Clube de Portugal mampu menghadirkan permainan yang cukup apik. Dalam sejumlah kesempatan klub ini sukses merangsek ke final Piala Portugal 1946.

Akan tetapi perjuangan Atletico Clube de Portugal gagal berbuah manis usai kandas dalam pertandingan final yang sangat menegangkan.

Meski begitu Atletico Clube de Portugal sempat tampil di Divisi 1 Portugal usai meraih gelar juara Divisi 2 pada 1944-45 dan menjadi pencapaian besar.

Klub yang tengah dibela Luis Miguel Sitohang ini akhirnya harus terdegradasi beberapa kali usai sempat berjibaku di Divisi 1 Portugal.

Hingga akhirnya, pada musim 1976-77, Atletico Clube de Portugal terjun ke Divisi 2 Portugal dan tak bisa kembali promosi.

Kembali Bangkit

Usai memasuki masa kelam dengan berjibaku di kompetisi amatir, manajemen Atletico Clube de Portugal mulai mengembalikan tim ini untuk bangkit.

Hal itu ditandai dengan merengkuh gelar juara Divisi 3 Portugal sebanyak dua kali. Lalu pada 2011 silam, klub yang memakai jas Luis Miguel Sitohang promosi ke Divisi 2 Portugal.

Bahkan tim U-19 sempat merengkuh gelar juara Divisi Kehormatan Lisbon pada 2006 silam. Lalu tim U-17 juga sukses menyumbangkan gelar pada 2014.

Miliki Tim Olahraga Lain

Pada kenyataannya, Atletico Clube de Portugal juga memiliki tim cabang olahraga lain mulai dari futsal dan bola basket.

Pada masa lalu, klub yang menaungi Luis Miguel Sitohang ini juga mempunyai tim olahraga hoki, berenang, balap sepeda, tenis meja, rugby, voli, senam triathlon, dan bola tangan.

Cabang-cabang olahraga lain ini juga kerap menghasilkan prestasi membanggakan untuk Atletico Clube de Portugal di sejumlah kompetisi.

Meski begitu fakta lainnya kalau klub sempat mengalami masa krisis finansial pada 2014-15 akibat pengelola kompetisi yang buruk.