Liga Inggris

Rahasia Alexander-Arnold Berkembang Pesat di Liverpool: Main Catur!

Jumat, 17 April 2020 21:02 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/Quality Sport Images/Getty Images
Trent Alexander-Arnold menunjukkan perkembangan pesat bersama klub Liga Inggris, Liverpool. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/Quality Sport Images/Getty Images
Trent Alexander-Arnold menunjukkan perkembangan pesat bersama klub Liga Inggris, Liverpool.

INDOSPORT.COM - Trent Alexander-Arnold mengungkapkan bahwa kesukaannya bermain catur sangat membantu perkembangan kariernya di klub Liga Inggris, Liverpool.

Sejak debut pada Oktober 2016 silam, Alexander-Arnold bertransformasi menjadi bek kanan andalan The Reds. Berkat performa apiknya, ia membantu Liverpool meraih kesuksesan menjuarai Liga Champions musim lalu.

Di Liga Inggris musim ini pun penampilannya semakin matang. Ia memiliki insting tajam untuk memberikan umpan kepada para pemain depan The Reds.

Nah, di balik perkembangan pesat dan insting tajam yang dimilikinya, Alexander-Arnold mengakui bahwa semua itu terbantu karena ia suka bermain catur. Menurutnya, catur adalah olahraga yang bisa mengasah otak dan memiliki hubungan erat dengan permainan sepak bola.

"Anda bisa menghubungkan sepak bola dengan catur dalam hal berpikir mengambil satu, dua, atau tiga langkah yang lebih jauh dari lawan. Bisa juga untuk menngantisipasi apa yang akan lawan lakukan," ucap Alexander-Arnold dikutip dari Liverpool Echo.

Lebih lanjut, dengan kegemerannya bermain catur, ia juga bisa membayangkan apa yang akan ia lakukan sebelum menerima bola. Misal, ia akan memberikan umpan kepada para pemain depan.

"Sebelum saya menerima bola, saya mencoba untuk mendapatkan gambaran apa yang akan saya lakukan saat menerima bola. Saya akan melihat di mana striker berada,

"Jika striker tidak dalam posisi ideal, saya tidak akan memberikan bola. Jika striker berada di posisi itu, saya punya pilihan untuk melakukan umpan," jelasnya.

Sejauh musim ini, Trent Alexander-Arnold selalu menjadi andalan di sisi kanan Liverpool. Total ia sudah mencetak dua gol dan 12 assist dalam 29 pertandingan di Liga Inggris.