Liga Spanyol

Peringkat Raja Dribel, Lionel Messi Masih Kalah dari Thomas Partey

Minggu, 19 April 2020 16:15 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
© Alex Caparros/Getty Images
Lionel Messi kalah bersaing dengan gelandang Atletico Madrid, Thomas Partey, sebagai raja dribble di LaLiga Spanyol 2019-2020. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Lionel Messi kalah bersaing dengan gelandang Atletico Madrid, Thomas Partey, sebagai raja dribble di LaLiga Spanyol 2019-2020.

INDOSPORT.COM - Kejatuhan Lionel Messi mulai tampak setelah predikat pelaku dribel terbaik seantero LaLiga Spanyol jatuh ke tangan gelandang Atletico Madrid, Thomas Partey.

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, harus menerima kenyataan jika kemampuan olah bolanya sepanjang musim ini menurun. La Pulga tercatat hanya mampu bertengger pada posisi empat dan kalah bersaing dengan tiga pemain lain.

Dilansir laman IB Times yang mengacu pada data Opta Jose, terdapat setidaknya lima pemain yang mampu melakukan dribel apik sepanjang LaLiga Spanyol musim ini. Dalam hitungan 50 lebih dribble Partey mencatatkan tingkat kesuksesan paling tinggi.

Gelandang asal Ghana itu mampu kalahkan Messi sebagai raja dribel dengan rasio 81,8 persen. Hal ini berarti bintang andalan Los Rojiblancos tersebut selalu mampu mempermainkan lawannya ketika berkompetisi dalam liga domestik.

Menyusul di urutan kedua ada gelandang Villarreal, Andre-Frank Zambo Anguissa, yang memiliki rasio tipis di bawah Partney (81,1 persen), sementara peringkat ketiga ditempati gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong (74,5 persen).

Di lain pihak, Messi hanya bisa mengekor de Jong dengan catatan rasio dribel 67,3 persen. Dia terpaut sedikit dan nyaris berada di posisi buncit yang ditempati Ever Banega dari Sevilla dengan kesuksesan 66,1 persen.

Predikat penggiring bola terbaik LaLiga Spanyol memang sepadan untuk Thomas Partey yang menampilkan performa terbaik musim ini. Sebelum penangguhan, bintang berusia 26 tahun ini membawa Atletico Madrid menekuk Liverpool, sang juara bertahan Liga Champions, dan menguasai empat besar klasemen liga domestik.

Selain takluk atas Partey soal dribel, Messi juga tak mampu mempertahankan predikat pemain paling kreatif lewat catatan 55 assist di LaLiga Spanyol musim ini. Ada Jose Campana, pemain Levante penakluk kapten Barcelona yang mampu buat kesempatan 58 kali dengan rata-rata 2,26 kesempatan per 90 menit.