Liga Indonesia

4 Kemenangan Super Telak Persipura Jayapura di Ajang Resmi

Senin, 20 April 2020 19:06 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© persipurapapua1963
Klub asal Papua, Persipura Jayapura pernah mencatatkan kemenangan-kemenangan fantastis dengan skor super telak dalam ajang resmi. Copyright: © persipurapapua1963
Klub asal Papua, Persipura Jayapura pernah mencatatkan kemenangan-kemenangan fantastis dengan skor super telak dalam ajang resmi.

INDOSPORT.COM - Klub asal Papua, Persipura Jayapura pernah mencatatkan kemenangan-kemenangan fantastis dengan skor super telak dalam ajang resmi baik di kompetisi Liga Indonesia hingga di pentas Asia.

Meskipun pernah menderita rekor kekalahan terbesar mereka sepanjang sejarah klub di ajang Liga Champions Asia 2010 saat kalah telak dari wakil China Changchun Yatai dengan skor 0-9 dan wakil Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors dengan skor 0-8.

Namun, Boaz Solossa cs juga pernah membuat rekor kemenangan terbesar mereka sepanjang sejarah di pentas Asia.

Kapan dan di mana rekor kemenangan terbesar Persipura itu tercipta? Berikut awak redaksi INDOSPORT coba merangkumnya untuk anda.

Vs Yangon United (AFC Cup 2014)

Persipura mencatatkan kemenangan terbesar mereka untuk pertama kalinya di era sepak bola profesional saat menggilas klub asal Myanmar, Yangon United dengan skor 9-2.

Kemenangan tersebut terjadi dalam babak 16 besar AFC Cup yang digelar di Stadion Mandala Jayapura, 13 Mei 2014 silam.

Kala itu, striker Liberia, Boakay Eddie Foday menjadi bintang lapangan dengan mencetak lima gol sekaligus. Sementara empat gol sisanya masing-masing dicetak oleh Ian Louis Kabes (2 gol), Tinus Pae dan Titus Bonai.

Kemenangan telak itu lantas membawa Persipura melangkah ke babak perempatfinal AFC Cup untuk pertama kalinya.

Vs Kuwait SC (AFC Cup 2014)

Kemenangan terbesar kedua Persipura tercipta saat mengalahkan wakil Kuwait yang juga merupakan juara bertahan AFC Cup di musim sebelumnya, Kuwait SC dengan skor 6-1.

Kemenangan itu terjadi dalam leg kedua babak perempatfinal AFC Cup 2014 pada 26 Agustus 2014 di Stadion Mandala Jayapura.

Hasil fantastis itu sukses menjadikan Persipura sebagai klub pertama Indonesia yang berhasil melangkah ke babak semifinal AFC Cup.

Vs Warriors (AFC Cup 2015)

Kemenangan terbesar ketiga Persipura didapat saat bersua wakil Singapura, Warriors FC dengan skor telak 6 gol tanpa balas.

Kemenangan telak itu terjadi di babak penyisihan Grup E AFC Cup 2015 yang digelar di Stadion Mandala Jayapura, 28 April 2015 silam.

Persipura yang berstatuskan sebagai semifinalis di musim sebelumnya, tampil menggila dihadapan publik mereka sendiri.

Gol kemenangan pun terlahir dari sang kapten Boaz Solossa (2 gol), Ian Kabes (2 gol), Bio Paulin dan Gerald Pangkali.

Vs Madura United (Liga 1 2018)

Persipura mencatatkan kemenangan terbesar keempatnya setelah mengalahkan sesama klub Indonesia, Madura United dengan skor telak 6-0.

Kemenangan itu terjadi dalam laga pekan kesembilan Liga 1 2018 yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, 19 Mei 2018.

Laga yang digelar pada malam hari karena bertepatan dengan bulan Puasa kala itu dimenangkan skuat Persipura melalui gol-gol yang dicetak oleh Boaz Solossa (2 gol), Todd Ferre, Ian Kabes, Marcel Sacramento dan Imanuel Wanggai.