Bola Internasional

Dampak Virus Corona, WHO: Tidak Ada Sepak Bola Sampai Tahun 2021

Rabu, 22 April 2020 12:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan agar seluruh kompetisi sepak bola di seluruh penjuru dunia berhenti sampai setidaknya 2021 mendatang. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan agar seluruh kompetisi sepak bola di seluruh penjuru dunia berhenti sampai setidaknya 2021 mendatang.

INDOSPORT.COM – World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan agar seluruh kompetisi sepak bola di seluruh penjuru dunia berhenti sampai setidaknya 2021 mendatang.

Dilansir dari Liverpool Echo, WHO menyerukan hal ini untuk menekan peningkatan kasus baru virus corona atau Covid-19, di mana saat ini penyakit itu telah ditetapkan sebagai pandemi global.

Sebagaimana diketahui, jumlah kaus infeksi virus corona di seluruh dunia hingga hari ini Rabu (22/04/20) menembus angka 2.560.504 orang.

Berdasarkan data statistik John Hopkins University, pasien yang dinyatakan meninggal sebanyak 176.926 orang. Angka kematian tertinggi berasal dari Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Prancis, dan Jerman.

Sepak bola di seluruh Eropa sendiri sudah terhenti sejak Maret 2020 lalu. Namun, munculnya wacana agar liga-liga di Eropa dituntaskan sebelum akhir musim menambah kekhawatiran WHO.

Terlebih, UEFA pada hari Selasa (21/04/20) kemarin menegaskan tengah merancang sebuah pedoman untuk setiap asosiasi sepak bola negara-negara di Eropa yang ingin mengakhiri musim lebih awal.

Liga Inggris, misalnya, telah ditangguhkan sejak 13 Maret kemarin. Namun, pihak klub berkomitmen untuk melanjutkan dan menyelesaikan musim setelah situasi dirasa aman.

Sementara Liga Spanyol, yang juga dihentikan sejak Maret kemarin, juga mulai merencanakan menyelesaikan musim  di mana turnamen akan mulai bergulir pada 16 Juni mendatang.

WHO sendiri tidak menyerukan penundaan sepak bola selama setahun untuk liga-liga lokal, namun juga untuk kompetisi sepak bola tertinggi di Eropa  seperti Liga Champions, Liga Europa dan Euro 2020 musim panas nanti.